Tinju

Pacquiao vs Mayweather Tarung Tahun Ini

Agar pertarungan terealisasi, Pacquiao disinyalir menerima pembagian uang 40 juta dolar AS dan Mayweather 160 juta dolar AS.

Pacquiao vs Mayweather Tarung Tahun Ini
Warta Kota/Istimewa
Petinju Floyd Mayweather Jr (kiri) dan Manny Pacquiao yang bertarung tahun 2015 ini. 

WARTA KOTA, LAS VEGAS - Pertarungan akbar antara Manny Pacquiao, petinju juara WBO welterweight, dengan sang jawara WBA/WBC welterweight, Floyd Mayweather Jr, bakal terwujud tahun ini.

Manny Pacquiao dijadwalkan menggelar dua pertarungan pada 2015. Menurut Michael Koncz, perwakilan Pacquiao, pertarungan pertama bakal digelar pada April atau Mei, tergantung dari lawan dan kesepakatan. Pertarungan itu kemungkinan akan dihelat di Amerika Serikat (AS).

Pertandingan kedua petinju Filipina berumur 36 tahun tersebut, kemungkinan dilangsungkan pada November. Petinju berjuluk Pac Man itu rencananya naik ring di Makau, Tiongkok. Ini merupakan ide sang promotor Top Rank, Bob Arum, untuk membuka pasar tinju di Negeri Tirai Bambu tersebut.

"Kami di bawah kontrak untuk melakoni dua pertarungan tahun ini. Berdasarkan diskusi, saya yakin kami akan bertarung di Makau pada tahun ini di bulan November," ujar Koncz, Senin (5/1).

Pacquiao, lanjutnya, merupakan petinju terpopuler di Tiongkok. Bob Arum menambahkan, Tiongkok merupakan potensi besar untuk menggelar pertarungan dengan bayaran per tayang.

Soal lawan yang bakal dihadapi, Arum sangat memprioritaskan pertarungan melawan Floyd Mayweather, yang rencananya bakal berlangsung pada Mei 2015. Jika gagal di bulan Mei, Arum akan memindahkannya pada September atau November.

Pacquiao terikat kontrak dengan Top Rank hingga akhir 2016. Dalam persetujuan kontrak, terdapat kewajiban bagi petinju bernama asli Emmanuel Dapidran Pacquiao tersebut, untuk sedikitnya melakukan adu jotos sebanyak dua kali dalam setahun, dan hanya cedera yang bisa membatalkan kewajiban dua pertarungan dalam setahun itu.

Koncz dan Arum kabarnya sudah melakukan pembicaraan yang meliputi pembagian dana untuk kedua petinju tersebut, yang ditaksir sebesar 200 juta dolar AS.

Bahkan, agar pertarungan terealisasi, Pacquiao disinyalir akan menerima pembagian uang yang lebih sedikit, yakni sebesar 40 juta dolar AS, sedangkan Mayweather sebesar 160 juta dolar AS.

Sementara, Bob Arum mengakui adanya pembicaraan yang menjurus pada bakal terwujudnya laga antara Pacquiao kontra Mayweather. Bob Arum juga mengungkapkan, negosiasi laga tersebut sudah berjalan, meski lambat.

"Pembicaraan berjalan lambat, meski ada beberapa pergerakan. Ini juga karena selalu tentang uang," ungkap Arum.

Di sisi lain, legenda tinju kelas berat Inggris, Lennox Lewis, mendesak Floyd Mayewather dan Manny Pacquiao segera bertarung untuk menghentikan 'kegilaan' para penggemar tinju.

Melalui akun Twitter-nya, Lewis yang telah pensiun menyebut dirinya sangat ingin menyaksikan pertarungan antara kedua petinju terbaik dunia tersebut pada tahun ini.

"Ada beberapa pertarungan yang ingin saya saksikan tahun ini. Namun May-Pac-lah yang paling utama. Hentikan semua kegilaan ini dan segera wujudkan pertarungan tersebut," kicau Lewis.

"Jika kita bisa mewujudkan L (Lennox) Lewis-(Mike) Tyson melalui HBO dan Showtime, tentunya mereka berdua juga dapat mewujudkan #MayPac dan kembali membuat sejarah," lanjutnya. (pen)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved