Gedung Parkir Balaikota Depok Siap Digunakan

Gedung Parkir Balaikota Depok yang dibangun sejak awal Maret 2014 lalu, akhirnya rampung dan sudah siap digunakan Januari 2015 mendatang.

Gedung Parkir Balaikota Depok Siap Digunakan
istimewa
Ilustrasi - gedung parkir 

WARTA KOTA, DEPOK - Gedung Parkir Balaikota Depok yang dibangun sejak awal Maret 2014 lalu, akhirnya rampung dan sudah siap digunakan Januari 2015 mendatang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok, Kania Parwati, kepada Warta Kota, Rabu (24/12/2014).

Kania memastikan bahwa selesainya pembangunan gedung parkir yang terdiri dari dua bangunan dan masing-masing memiliki 8 lantai itu, pada Selasa (23/12/2014). Menurut Kania, saat ini kontraktor sedang melakukan pembersihan area gedung, agar siap digunakan Januari 2015 mendatang.

"Pembersihan gedung bukan bagian dari proses pengerjaan. Yang pasti pembangunannya sudah selesai, sesuai target selama 300 hari kerja sejak dimulai Maret lalu," kata Kania.

Dengan selesainya gedung parkir ini, katanya, maka Balaikota Depok akhirnya memiliki tempat parkir khusus yang memadai.  Menurutnya gedung parkir dapat digunakan bagi warga atau masyarakat umum serta PNS yang bekerja di Balaikota Depok.

"Nantinya gedung bisa digunakan untuk parkir masyarakat umum yang ada keperluan di Balaikota Depok dan sekitarnya, serta PNS yang berkantor di Balaikota," kata Kania.

Gedung parkir itu, kata Kania terletak di samping masjid Balai Kota atau di belakang pusat perbelanjaan ITC Depok. Gedung parkir langsung terhubung dengan jalan keluar dari Balai Kota.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Gandara Budiana mengatakan, gedung parkir juga diperuntukkan untuk masyarakat umum yang berkepentingan di Jalan Margonda. Dengan begitu diharapkan kepadatan di Jalan Margonda akan berkurang karena tidak ada lagi kendaraan yang parkir di bahu jalan.

"Masyarakat yang berbelanja di Margonda Raya bisa memarkir mobilnya di gedung parkir itu. Setelah meninggalkan mobilnya di tempat parkir, masyarakat meneruskan perjalanan dengan jalan kaki atau angkutan kota," kata Gandara.

Gedung Parkir Balaikota Depok ini dikerjakan oleh PT Waskita dengan anggaran 39,8 miliar. Pembangunan dimulai sejak awal Maret 2014 dan ditargetkan selesai dalam waktu 300 hari pengerjaan atau 24 Desember mendatang.
Keberadaan gedung parkir di Balaikota Depok dinilai sejumlah pihak sudah sangat mendesak. Karena selama ini tidak ada lahan yang jelas untuk parkir kendaraan di area Kompleks Balaikota.

Bahkan akibat hal ini, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismai, membatasi hanya pejabat tertentu saja di tiap dinas yang boleh parkir di halaman Balai Kota.

Jika tidak, maka kendaraan roda empat milik PNS akan digembok dan kendaraan roda dua akan dikempiskan.
Pada saat diterapkannya aturan ini, Senin (8/12/2014) lalu sebanyak 12 mobil PNS dan belasan motor milik PNS yang terparkir di Gedung Dibaleka Balaikota Depok, digembok dan dikempiskan aparat petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help