Tinju

Daud Yordan Ingin Kanvaskan Ronald Pontillas

Juara dunia tinju kelas ringan versi IBO, Daud 'Cino' Yordan, bakal kembali menguji kemampuannya.

Daud Yordan Ingin Kanvaskan Ronald Pontillas
Warta Kota/Nur Ichsan
Daud Yordan. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Setelah setahun lebih tidak berlaga di atas ring, juara dunia tinju kelas ringan versi IBO, Daud 'Cino' Yordan, bakal kembali menguji kemampuannya. Kali ini, Daud akan bertanding merebutkan gelar sabuk juara yang lowong versi World Boxing Organization (WBO) Asia Pasifik menghadapi petinju asal Filipina, Ronald Pontillas.

Daud yang haus akan pertarungan mengaku menargetkan bisa memukul KO lawannya yang merupakan petinju peringkat 3 WBO Aspac Filipina, pada pertarungan yang akan digelar di Gedung Olahraga Pangsuma Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (20/12) pekan depan.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin tampil baik di pertandingan ini. Saya target memukul KO lawan. Saya tidak mematok di ronde berapa akan memukul KO, tapi di setiap ronde saya akan mengambil peluang tersebut," ujar Daud Yordan kepada Warta Kota, Senin (15/12).

Meskipun percaya diri bisa menang di kampung halamannya, Daud mengaku tak boleh menganggap enteng lawannya. Meskipun setiap hari latihan, Daud sudah cukup lama tidak naik ring. Terakhir, dia naik ring pada 6 Desember 2013, dan menang angka mutlak dari petinju Afrika Selatan, Sipho Taliwe.

Sang pelatih yang juga kakak kandung Daud, Damianus Yordan, sempat mengkhawatirkan adiknya akan kehilangan naluri bertarung karena lama tidak bertanding. Untuk mengatasi hal tersebut, Daud terus berlatih dengan sparing partner-nya untuk menjaga insting bertarungnya.

Menurut Daud, calon lawannya kali ini adalah petinju yang berpengalaman dan memiliki jam terbang cukup banyak di pentas tinju dunia.

"Dia sudah sering berlaga di kejuaraan tinju internasional. Dia petinju kidal, yang harus saya waspadai dari dia adalah pukulan lurusnya. Selama ini, saya berlatih dengan sparing partner saya untuk mengantisipasi pukulan-pukulan tersebut," ungkap Daud.

Sementara, menurut Raja Sapta Oktohari, promotor Mahkota Promosindo, pertarungan menghadapi Ronald Pontillas diharapkan bisa menjadi gerbang untuk Daud meraih gelar juara dunia di badan tinju WBO. Sebelumnya, Daud pernah meraih gelar juara dunia di kelas bulu versi WBO.

"Peluang untuk Daud bisa meraih gelar juara kelas ringan WBO, karena juara dunia kelas ringan WBO akan naik ke kelas yang lebih tinggi," jelas Oktohari.

Ia menambahkan, Daud juga akan didampingi para legenda tinju Tanah Air, seperti Elias Pical dan Chris John, agar bisa meningkatkan motivasi dan semangat Daud.

"Kenapa pertarungan ini digelar di Pontianak? Karena Daud sudah lama tidak bertarung. Kami ingin membangkitkan suasana kemenangan Daud sebagai juara dunia IBO di kampungnya sendiri," papar Oktohari. (mur)

Penulis: Murtopo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help