Tawuran Pelajar

Informasi Tawuran Akan di-Share Lewat Media Sosial

Pemicu atau provokasi kejadian tawuran pelajar saat ini sudah menggunakan media sosial di internet.

Informasi Tawuran Akan di-Share Lewat Media Sosial
Tribunnews.com
Ilustrasi tawuran 

WARTA KOTA, PALMERAH— Pemicu atau provokasi kejadian tawuran pelajar saat ini sudah menggunakan media sosial di internet. Bukan hanya karena bertemu secara kebetulan, namun sudah dengan terencana. Untuk itu, diharapkan posko pencegahan tawuran bukan hanya dilakukan di lapangan, namun juga Posko Terpadu Dunia Maya.

Kasubdit Cyber Crime, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Hilarius Duha, mengatakan, meskipun sudah ada posko pencegahan tawuran terpadu, namun saat ini ada kemajuan dari perencanaan tawuran pelajar.

"Semua stake holder juga perlu memantau medsos, guru, Kepolisian, dan siswa-siswa, harus segera mengirim informasi ke medsos itu jika diketahui ada rencana tawuran, agar tawuran bisa dicegah," ujarnya kepada perwakilan 207 sekolah tingkat SMA dan SMK se-Jakarta Selatan untuk menanggulangi provokasi tawuran pelajar melalui media sosial, Rabu (10/12).

Menurut Hilarius belakangan ditemukan tawuran pelajar janjian untuk tawuran melalui jejaring sosial internet. Menurutnya saat ini pengaruh dunia maya terutama internet sangat cepat. Jika ada provokasi, dapat mempengaruhi orang banyak.

"Terlebih di dunia remaja, mudah sekali provokasi lewat broadcast dan lainnya. Tidak hanya orang Jakarta, tapi sedunia bisa melihat apa yang diunggah atau ditulis. Bisa mempengaruhi mindset orang banyak," ujarnya. Menurutnya, cukup sulit diprediksi kapan dan dimana akan terjadi tawuran.

Kasus tawuran pelajar yang terakhir akibat provokasi melalui jejaring sosial yaitu melibatkan siswa SMAN 60 dan SMAN 109 Jakarta. Dalam kejadian tersebut, seorang siswa SMAN 109 meregang nyawa. Dua tersangka inisial R dan F siswa SMAN 109 yang sudah diajukan untuk disidang.

Penulis: Ahmad Sabran
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved