Pedagang Kaki Lima

Razia Dadakan, Ratusan PKL Monas Kocar-kacir

"Raziaa! Raziaaa! Lari! Lari! Selametin dagangan!" teriak para PKL lari terbirit-birit dari dalam Monas, Minggu (30/11/2014).

Razia Dadakan, Ratusan PKL Monas Kocar-kacir
Panji Baskhara Ramadhan
Para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) lakukan razia dadakan bersama kepolisian, Garnisun dan TNI, di Pintu Monumen Nasional timur, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (30/11/2014) 

WARTA KOTA, GAMBIR - "Raziaa! Raziaaa! Lari! Lari! Buru selametin dagangan!" teriak ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang tengah lari terbirit-birit dari dalam Monumen Nasional (Monas), menuju Pintu Monas Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (30/11/2014). Sigap, para PKL ini langsung berkemas menyelamatkan barat dagangannya.

Hasil pengamatan wartakotalive.com, nampak puluhan personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polisi dari Jajaran Polsek Gambir, Patroli Garnisun, serta TNI, datang ke Pintu Monas Timur. Kedatangan para petugas ini membuat para PKL panik bukan kepalang.

"Berhenti! Tangkap! Tangkap!" teriak salah seorang petugas.

Petugas dengan sigap langsung turun dari truk Satpol PP dan mengejar para PKL yang berlarian ke arah Jalan Merdeka Timur. Para petugas ini pun mengincar barang dagangan milik PKL yang antara lain gerobak, trolli, boneka ondel-ondel, dan pedagang lainnya.

Para pedagang ada yang bersembunyi, lari, ada juga yang menyembunyikan barang dagangannya, bahkan ada yang meninggalkan barang dagangannya ketika petugas datang.

Pedagang yang meninggalkan barang dagangannya, tanpa pandang bulu, petugas langsung mengangkut, dan membuangnya ke dalam bak truk. Malahan, ada pedagang yang mencoba mengambil kembali barang dagangannya dari tangan petugas.

"Balikin! Balikin barang dagangan gua! Sialan! Gak punya hati! teriak salah seorang pedagang berjilbab ke petugas yang mengambil barang dagangannya. Namun, teriakan perempuan itu dihiraukan petugas.

Tegas, petugas langsung merampas kembali dan membuangnya ke truk. Para pedagang yang wanita ini berteriak histeris.

Para pengunjung yang baru datang ke Monas, sempat ikut lari terbirit-birit ke dalam Monas. Ada juga yang turut melihat-lihat sambil mengambil gambar.

Hingga kini para petugas masih melakukan operasi razia PKL. Nampak para PKL Monas tak bisa berbuat apa-apa untuk menyelamatkan barang dagangan mereka, yang tak sempat diselamatkan. (Panji Baskhara Ramadhan)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved