Pedagang Kaki Lima

Penertiban di Monas Ricuh, Petugas Kalah Massa

Satpol PP hanya melakukan penertiban yakni sebatas mengangkut barang dagangan milik pedagang liar.

Penertiban di Monas Ricuh, Petugas Kalah Massa
Panji Baskhara Ramadhan
Para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) lakukan razia dadakan bersama kepolisian, Garnisun dan TNI, di Pintu Monumen Nasional timur, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (30/11/2014) 

WARTA KOTA, GAMBIR - Penertiban dadakan yang dilakukan puluhan personel gabungan yakni Satpol PP, Polisi, TNI dan Garnisun menuai ricuh dengan ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (30/11). Kepala Operasional (Kasiops) Satpol PP Jakarta Pusat, Maruli Sijabat, mengaku pihaknya lebih baik mundur dibanding meladeni emosi para pedagang.

"Kita akan lakukan konsolidasi dulu. Mengatur kekuatan lagi. Kekuatan kita memang kurang," ungkapnya di Monas.

Dirinya mengakui, pihaknya yang bergabung dengan Jajaran Polisi, Garnisun dan TNI, untuk menertibkan PKL Monas. "Saat mengitari Monas, kita memang sempat melihat, kondisi di dalam Monas bersih. Nah ketika kita menuju pintu timur, ternyata banyak. Makanya kita akan atur dulu strategi," terangnya..

Menurutnya kembali, Satpol PP hanya melakukan penertiban yakni sebatas mengangkut barang dagangan milik pedagang liar.

"Kita kan hanya melaksanakan. Kita ada tanggung jawab moral. Untuk mewujudkan tertibnya kita melakukan, jika ada oknum yang berani membekingi PKL, itu TNI dan Garnisun. Tapi, kalau ada PKL saat ditertibkan bertindak anarki, itu sudah kewengangan kepolisian. Jadi kan enak, terkordinir.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola (UP) Monas, Rini Hariani paparkan, pihak UP Monas yang bekerja sama dengan petugas penertiban, sudah melakukan penertiban sejak kamis malam kemarin (27/11).

"Ini dari kamis malam kemarin, terus dilanjut Jumat siang dan malam. Lanjut lagi malam minggu, terus minggu siang. Namun untuk Minggu malam ini kita stop dulu. Karena kita bisa lihat, petugas-petugas penertiban kelelahan," katanya. (Panji Baskhara Ramadhan)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved