Pedagang Kaki Lima

Kesal Ditertibkan, PKL Lempar Batu ke Arah Petugas

Penertiban dadakan yang dilakukan puluhan personel gabungan membuat para PKL di Kawasan Monas, emosi, Minggu (30/11/2014).

Kesal Ditertibkan, PKL Lempar Batu ke Arah Petugas
Panji Baskhara Ramadhan
Penertiban dadakan yang dilakukan puluhan personel gabungan yakni Satpol PP, Polisi, TNI dan Garnisun membuat para PKL di Kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, emosi, Minggu (30/11/2014). Emosi mereka tersebut dituang melalui aksi lempar batu ke arah petugas. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Penertiban dadakan yang dilakukan puluhan personel gabungan yakni Satpol PP, Polisi, TNI dan Garnisun membuat para pedagang kaki lima (PKL) di Kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, emosi, Minggu (30/11/2014). Emosi mereka tersebut dituang melalui aksi lempar batu ke arah petugas.

"Maju luuuh! Petugas sialan! Beraninya nyiksa pedagang aja luh! teriak beberapa PKL, sambil melempar batu di Jalan Batu, Gambir, Jakarta Pusat, tepatnya di sebelah gedung Kementrian Perikanan dan Kelautan.

Perang lempar batu ini pun di sambut kembali oleh para petugas Satpol PP, yang juga diselimuti emosi. Aksi lempar batu tak terhindarkan, sampai-sampai mengenai bodi mobil yang melintas ke arah Jalan Merdeka Barat.

Lantaran aksi tersebut membahayakan pengendara, para petugas ini pun menghindari amukan ratusan PKL. Nampak para PKL ini kembali mengejar dan kembali melempar batu.

Terlihat para pengendara sepeda motor yang mengarah ke Jalan Merdeka Timur, berhenti mendadak dan mencoba menghindari batu yang dilempar para pedagang.

"Awas pak! Awas batu! Awas!" teriak histeris pengendara wanita yang melintas.

Puluhan batu melayang dan hampir mengenai kepala para petugas penertiban. Tiba-tiba, "Dor!" terdengar suara tembakan peringatan.

Tak diketahui di mana asal muasal suara tembakan tersebut, namun alhasil para pedagang ini lari terbirit-birit ke Jalan Batu. Para petugas pun menyudahi penertiban.

Para petugas langsung naik truk dan beberapa unit mobil satpol PP, dan pergi dari lokasi ricuh itu. Walaupun petugas pergi, nampak anak-anak yang diduga barang dagangan orangtuanya diambil petugas, turut serta mengamuk dan melempari batu kerikil ke arah petugas.

"Balikin barang dagangan emak gua woy!" teriak salah seorang bocah.

Aksi ini pun mereda saat petugas pergi jauh ke arah Jalan Merdeka Barat. Nampak bebatuan berserakan di Jalan Medan Merdeka Timur. Aksi tersebut sempat membuat panik warga.

Petugas penertiban kabur

Salah seorang pengendara motor, Zaini (38) menuturkan, aksi lempar batu yang dilakukan para PKL Monas, sudah seharusnya ditindak tegas petugas. "Kok malah kabur sih! Tembak aja PKL-PKL begitu pak harusnya! Polisi sama Satpol PP kenapa kabur! Tembak aja! Meresahkan warga itu, tutur kesal Zaini.

Senada dengan Mia Putri (28), pengendara motor yang melintas di Jalan Merdeka Timur, menuturkan aksi lempar batu yang dilakukan PKL membuatnya ketakutan. Dirinya juga mengaku motor Honda Beat merah mudanya terkena lemparan batu.

"Ini bodi depan saya kena. Untung gak pecah pak! Aduh saya udah takut aja. Saya gak tahu rame-rame kenapa. Tiba-tiba batu saya lihat udah melayang aja. Takut saya, saya lari aja puter arah," kata Mia. (Panji Baskhara Ramadhan)

Tags
PKL
Monas
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help