Fakta Pembunuhan Munir Said Thalib

Tokoh HAM Munir Jadi Nama Jalan di Den Haag Belanda

Rencananya tahun ini nama Munir akan diabadikan menjadi nama jalan di Kota Den Haag, Belanda dengan nama Munirstraat.

Tokoh HAM Munir Jadi Nama Jalan di Den Haag Belanda
istimewa
Munir jadi nama jalan di Belanda. 

WARTA KOTA, AMSTERDAM— Sepuluh tahun sudah aktivis Hak Azazi Manusia asal Indonesia Munir Said Thalib meninggal. Munir meninggal di dalam pesawat Garuda Indonesia menuju Amsterdam pada 7 September 2004.

Peneliti Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Indria Fernida mengatakan, pemerintah Belanda menjanjikan sertifikat kepada Munir. Rencananya tahun ini nama Munir akan diabadikan menjadi nama jalan di Kota Den Haag, Belanda dengan nama Munirstraat.

"Itu akan diresmikan, Suciwati minta tahun ini tepat hari kelahiran Munir yaitu 8 Desember,"kata Indria saat diskusi "Prospek Penyelesaian Kasus Munir Pada Pemerintahan Baru" di Kantor KontraS, Menteng, Jakarta, Selasa (11/10/2014).

Langkah pemerintah Belanda tersebut sangat diapresiasi KontraS. Menurut Indria, pemberian nama jalan itu merupakan suatu bentuk cara untuk mengenang mendiang Munir.

"Munir aktivis Ham satu-satunya dari Indonesia di dunia international,"kata Indria.

Indria menambahkan adanya penghargaan dari pemerintah Belanda merupakan bentuk teguran bagi pemerintahan Indonesia. Rencananya penamaan nama Munir menjadi nama jalan di Belanda akan bersanding dengan aktivis ham lainnya. Diantaranya Marthin Luther King dan Mother Theressa.

"Inisiatif seperti ini paling tidak tau semangatnya, ide-idenya Munir,"kata Indria. (Randa Rinaldi)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved