Home »

News

» Jakarta

Reformasi Birokrasi

Inilah Pejabat DKI yang Bakal Dipecat Ahok

Ahok berencana melantik beberapa pejabat eselon II yang telah berhasil lolos dari assesment test pada Jumat (31/10) besok.

Inilah Pejabat DKI yang Bakal Dipecat Ahok
KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama 

WARTA KOTA, PALMERAH— Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok berencana melantik beberapa pejabat eselon II yang telah berhasil lolos dari assesment test pada Jumat (31/10) besok. Tak hanya itu, pergantian Kepala Dinas yang dianggap tidak mampu bekerja dengan maksimal maka akan dilakukan secara bersamaan dengan proses pelantikan.

Salah satunya adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Manggas Rudy Siahaan yang menolak menandatangani proyek Jakarta Emergency Dredging Initiatives (JEDI) dan lambatnya kinerja Dinas PU dalam menanggulangi banjir. Tak hanya itu, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI, Jonathan Pasodung, yang mendapatkan rapor merah.

Pasalnya, banyak tindakan jual beli sewa rusun yang telah terjadi. Sehingga, Ahok ingin pengelolaan Rusun dibawah Dinas Sosial. "Hmm.. kayaknya (pelantikan) digelar Jumat ini oke juga ya," kata Ahok, seusai menjadi Inspektur Upacara (Irup) Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda, di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Dia enggan menyebutkan beberapa pejabat eselon II yang akan dilantik dan dipecat dari jabatannya. Menurutnya, semua data sudah ada di Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah. "Tanya pak Sekda aja tuh," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Saefullah. Dia enggan menyebutkan siapa saja yang akan dilantik pada Jumat (31/10). Dia berencana melaporkan nama-nama pejabat yang akan dilantik kepada Ahok.

"Nanti laporan hasil tes assesment para pejabat eselon II akan dikasih ke Pak Gubernur dulu," kata dia.

Sedangkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, I Made Karmayoga mengatakan bahwa alasan pelaksanaan pelantikan pejabat eselon yang dilakukan lebih awal dari agenda sebelumnya. Sedianya, pelantikan pejabat baru akan dilaksanakan akhir tahun 2014 ini.

"Pak Ahok (Basuki) mempunyai naluri untuk percepatan rotasi pimpinan di SKPD yang perlu didorong keberanian pimpinannya," ‎kata Made.

Kendati demikian, Made enggan menyebutkan pejabat mana saja yang akan dilantik. Namun, pejabat eselon yang akan dilantik pekan ini yakni Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP), Kepala Badan Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BULP), Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN), serta pejabat baru sebagai Kepala Dinas PU DKI.

Dari 10.056 PNS DKI yang mengikuti proses lelang jabatan paling banyak diikuti oleh pejabat eselon IV. Meliputi 96 orang eselon II, 1264 untuk eselon III dan 8686 untuk eselon IV.

Jadwal assesment untuk eselon II dilaksanakan 8-10 Oktober 2014. Untuk eselon III tanggal 16 Oktober sampai 8 November dan pejabat eselon IV akan dilaksanakan pada bulan Desember.

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help