Pedagang Kaki Lima

Tahun Ini Tiga Lokasi PKL di Sawah Besar Akan Ditertibkan

Upaya pemerintah dalam menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) liar di Ibu Kota Jakarta masih terus berlangsung.

Tahun Ini Tiga Lokasi PKL di Sawah Besar Akan Ditertibkan
Wahyu Tri Laksono
Ilustrasi : Pembongkaran sejumlah kios dan bangunan di kolong Stasiun Sawah Besar berlangsung tertib, Sabtu (6/9/2014) 

WARTA KOTA, SAWAH BESAR - Upaya pemerintah dalam menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) liar di Ibu Kota Jakarta masih terus berlangsung. Pada Senin (27/10/2014) mendatang, menurut Camat Sawah Besar, Henri Perez Sitorus, akan dilakukan penertiban PKL liar di kolong rel Stasiun Mangga Besar hingga Stasiun Jayakarta.

"Penertiban pedagang atau PKL liar ini akan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB," kata Henri Perez Sitorus saat dikonfirmasi awak media, Rabu (22/10/2014).

Selain itu, menurut Henri aktifitas PKL liar di bawah kolong rel itu terbilang merusak pemandangan warga sekitar. Malahan, akan terlihat kumuh dan tak enak dipandang.

"Kami akan bersihkan seluruh stasiun dari PKL aagar warga atau penumpang menjadi lebih nyaman. Selain itu lingkungan stasiun akan lebih rapi terlihat dari sebelumnya," kata Henri.

Penertiban nantinya akan menggandeng banyak pihak. Baik dari jajaran PT Kereta Api Indonesia (KAI), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian setempat. Penertiban ini juga upaya PT KAI untuk mensterilisasi dari kegiatan PKL di seluruh stasiun kereta api di Ibu Kota Jakarta.

"Penertiban nanti, merupakan penertiban lanjutan dari penertiban serupa pada Sabtu (07/09) lalu di Stasiun Jayakarta dan Stasiun Mangga Besar," kata Henri.

Lebih lanjut dikatakannya, akan dilakukan juga penertiban di lokasi yang berbeda. Antara lain penertiban pedagang di pasar lokasi sementara (Loksem) Jakarta Pusat (JP), di Jalan Dwi Warna, Sawah Besar, Jakarta Pusat dan 85 Kios Pasar Ikan Hias di Jalan Kartini Raya.

Henri mengatakan, sekitar 30 pedagang lebih beserta bangunan itu akan ditertibakan. Pasalnya, bangunan tersebut berdiri di atas saluran air. Selain itu, tak mendapat rekomendasi dari Pemerintah Kota Jakarta Pusat untuk diperpanjang izinnya.

"Itu akan dilakukan pada awal Desember 2014. Sedangkan pada awal November 2014, sebanyak 85 kios pasar ikan hias yang ada di Jalan Kartini Raya turut di bongkar," kata Henri. (Panji Baskhara Ramadhan)

Tags
PKL
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved