Dua Gerbong KA Jayabaya Untuk Penyandang Cacat

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan dua gerbong khusus untuk difabel pada KA Jayabaya trayek Malang-Surabaya-Pasarsenen.

Dua Gerbong KA Jayabaya Untuk Penyandang Cacat
Panji Baskhara Ramadhan
Produk terbaru PT Kereta Api Indonesia (KAI) yaitu Kereta Api (KA) Jayabaya kelas ekonomi relasi Pasar Senen-Malang (PP) diresmikan pengoperasiannya, Sabtu (18/10/2014) ini. 

WARTA KOTA, SENEN-Penyandang cacat atau difabel yang hendak menumpang KA Jayabaya trayek Malang-Surabaya- Pasarsenen tak perlu khawatir. Sebab, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan dua gerbong khusus untuk difabel.

Menurut Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan, dua gerbong tersebut memang dikhususkan untuk penyandang cacat. Di dua gerbong itu, ditandai lambang orang mengendarai kursi roda.

"Dua gerbong yang disediakan. Ini memang khusus untuk para difabel. Mengenai ukuran, mulai dari pintu masuk KA, toilet, dan saat masuk ke gerbong serta lokasi duduknya didesain luas," katanya disela peluncuran produk PT KAI terbaru, yaitu KA Jayabaya, di Stasiun Pasar Senen, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (18/10/2014).

"Penyandang cacat yang juga penumpang KA gerbong khusus difabel bisa masuk toilet dengan menggunakan kursi roda," tambahnya.

Menurut Jonan, nantinya PT KAI akan menyediakan gerbong khusus di seluruh KA kelas enomoni.

"Saat ini kami berupaya untuk memperbarui seluruh KA kelas ekonomi. Pembaharuan ini dilakukan secara bertahap," ucapnya.

Ia pun berharap, dengan disediakannya dua gerbong khusus difabel, penumpang penyandang cacat dapat menikmati fasilitas tersebut.

"kita hanya ingin penyandang cacat pun dapat merasakan naik KA," paparnya.

Mengenai harga tiket KA Jayabaya, untuk tarif bawah Malang-Jakarta dan sebaliknya Rp 190.000. Sedangkan untuk tarif atas, Malang-Jakarta dan sebaliknya Rp 400.000.

"Tarif yang diberlakukan untuk KA Jayabaya ini adalah tarif tanpa subsidi (PSO) dengan menetapkan Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBA)," kata Jonan.

Selama tiga hari pertama sejak peresmian KA Jayabaya, PT KAI memberlakukan tarif promo sebesar 50 persen. Promo berlangsung 18-20 Oktober 2014.

"Masyarakat yang hendak menggunakan KA Jayabaya dapat memesan atau membeli tiket di semua tempat resmi pemesanan atau pembelian tiket KA," papar Jonan.

Selain itu, PT Reska Multi Usaha (Reska) sebagai pengelola restorasi KA Jayabaya juga memberi diskon 25 persen untuk pembelian makanan dan minuman yang disajikan di KA Jayabaya. Promosi itu juga berlangsung tiga hari pada 18-20 Oktober 2014. (Panji Baskhara Ramadhan)

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help