Inilah Arti Dibalik Ngidam Makanan Tertentu

Pernah terbangun di tengah malam dan mendadak ingin makan sebungkus cokelat? Ternyata ada artinya lho

Inilah Arti Dibalik Ngidam Makanan Tertentu
Kompas.com
Cokelat hitam lebih menyehatkan. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Pernah terbangun di tengah malam dan mendadak ingin makan sebungkus cokelat? Atau pernahkah kita ngidam sepiring ayam goreng, padahal waktu makan siang sudah berakhir? Hal ini, jelas tidak terjadi karena rasa lapar.

Harus diketahui, ngidam makanan tertentu bisa jadi adalah sinyal darurat yang dikirimkan tubuh, salah satunya ketika kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Untuk membedakan antara rasa lapar dan ngidam, berikut adalah beberapa arti di balik ngidam makanan tertentu.

1. Ayam goreng
Keinginan untuk mengonsumsi ayam goreng bisa jadi merupakan sinyal bahwa tubuh sedang kekurangan protein. Selain itu, kita tahu, secara tak langsung makanan juga bertindak sebagai pengganti dan menjadi teman yang baik ketika kesepian. Karenanya, secara mendadak ingin makan ayam goreng bisa menjadi tanda bahwa kita mungkin sedang tertekan atau menginginkan sesuatu atau seseorang yang kita rindukan.

2. Cokelat
Cokelat telah lama dianggap sebagai afrodisiak. Ingin makan cokelat bisa berarti dua hal: kadar gula dalam darah kita sedang rendah, atau kita sedang "menginginkan" seseorang. Mengonsumsi cokelat batangan atau permen tidak hanya membantu menghidupkan semangat kita, tetapi juga akan memberikan kadar gula yang dibutuhkan untuk membuat kita energik.

Tak hanya itu, mendadak ingin makan cokelat juga menjadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan zat mineral esensial, terutama magnesium. Magnesium sendiri, berfungsi dalam menjaga keseimbangan hormon. Karenanya, kita akan cenderung makan cokelat ketika sedang berada dalam kondisi stres atau tertekan.

3. Es krim
Ingin makan es krim bisa berarti kita sedang kekurangan kalsium dan memilih untuk mendapatkannya dari es krim ketimbang susu. Hal ini juga bisa berarti bahwa kita sedang sedih dan mencari beberapa kenyamanan dalam makanan. Es krim sendiri telah lama menjadi makanan favorit yang telah membantu banyak wanita melewati depresinya.

4. Daging
Ini artinya, tubuh kita kekurangan asupan protein, karbohidrat, zat besi dan seng. Namun, ini juga bisa berarti bahwa kita sudah lama tidak makan daging, dan gigi kita akan mengirim sinyal bahwa mereka membutuhkan sesuatu untuk dikunyah selain sayuran dan buah-buahan.

5. Buah
Menginginkan makan buah-buahan bisa berarti kita kurang serat dan kelembapan dalam tubuh. Jika kita menderita sembelit, tubuh akan mengirim sinyal bahwa ia membutuhkan serat untuk membuang racun dari perut secepat mungkin.

6. Nasi dan makanan pedas
Ingin makan nasi bisa berarti kita belum mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup. Padahal, karbohidrat adalah sebuah keharusan bagi pola makan yang sehat. Sementara, keinginan untuk makan pedas, berarti kita telah makan makanan hambar dalam waktu lama, sehingga lidah membutuhkan perubahan "rasa" dari makanan yang biasa dikonsumsi

Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help