Asian Games 2018

Rita Subowo : Tiongkok Siap Bantu Wushu Indonesia

Indonesia akan mendapatkan bantuan dari 10 negara IOC dalam membangkitkan kualitas atlet nasional untuk menghadapi Asian Games 2018.

Rita Subowo : Tiongkok Siap Bantu Wushu Indonesia
Kompas.com
Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia Rita Subowo. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Ketua umum Komite Olimpiade Indonesia mengatakan bahwa Indonesia akan mendapatkan bantuan dari 10 negara IOC dalam membangkitkan kualitas atlet nasional untuk menghadapi Asian Games 2018 yang akan digelar di Indonesia.

Salah satunya adalah negara Tiongkok yang telah menyatakan siap membantu melatih 10 atlet wushu Indonesia selama tiga tahun.

Di ajang Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan, cabang olahraga wushu mampu menyumbang satu emas, dan satu perunggu. Namun medali emas tersebut didapat lantaran atlet Malaysia yang semula meraih emas gagal tes doping sehingga dia didiskualifikasi.

"Untuk Asian Games 2018, kami mendapatkan bantuan dari 10 negara IOC. Dan China sudah siap menyatakan membantu 10 atlet wushu akan dilatih selama tiga tahun," ujar Rita Subowo.

Lebih lanjut Rita mengatakan bahwa Indonesia harus fokus jika ingin menjadi tuan rumah Asian Games, karena anggaran yang terbatas. Mempersiapkan nomor-nomor andalan dan mencoba meloby nomor-nomor andalan tersebut di tahun 2018.

"Menjadi tuan rumah Asian Games itu perjuangan. Ketika Vietnam mundur karena masalah politik dan keuangan, Katar, Quait, Singapura dan Malaysia mengajukan diri. Kita mulai melakukan lobby ke IOC dan cepat-cepat mengirimkan tim untuk melihat kondisi venue. Setelah lobby tersebut 45 negara akhirnya mendukung Indonesia secara aklamasi," ujar Rita.

Penulis: Murtopo
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help