Pembangunan Tol Bocimi Terganjal Pembebasan Lahan

Pemerintah Kota Bogor berharap pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sepanjang 53,6 kilometer segera terwujud

Pembangunan Tol Bocimi Terganjal Pembebasan Lahan
dok. twitter
Lalu lintas sekitar Gerbang Tol Bogor terpantau lancar mengarah Jagorawi maupun keluar Baranangsiang.

WARTA KOTA, BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berharap pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sepanjang 53,6 kilometer segera terwujud untuk mengatasi kemacetan di Jalan Raya Ciawi-Sukabumi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, saat ini pembangunan proyek Bocimi masih terganjal pembebasan lahan.

Untuk wilayah Kota Bogor sendiri 74 persen lahan sudah dibebaskan untuk lahan dan masih tersisa 26 persen lagi. Namun, Pemkot Bogor berharap MNC Land, pengembang pembangunan tol Bocimi segera melkaukan pengerjaan tahap awal.

"Kalau bisa pengembang sudah melakukan pembangunan tahap awal, misalnya pembukaan lahan dan pengerasan tanah. Ini untuk menjawab keraguan masyarakat. Sehingga warga yang belum menjual lahannya akan tergerak untuk segera melepas tanahnya," ujarnya, Selasa (7/10/2014).

Ade Sarip menambahkan, saat ini warga yang belum menjual tanahanya masih ragu apakah proyek Tol Bocimi kan diksanakan atau tidak.

"Jadi kalau pengerjaan fisik dimulai masyarakat tidak ragu lagi. Itu jadi bisa mempermudah kami untuk melakukan pembebasan," katanya.

Total keseluruhan lahan yang terpakai di Kota Bogor, kata Ade seluar 52 hektar. Lokasi yang paling luas digunakan untuk proyek tol ini adalah di Kelurahan Harjasari dan Sindangsari.

Seperti diketahui, proyek tol Bocimi akan dikerjakan oleh MNC Land, pimpinan Hary Tanoesoedibyo. Proyek jalan tol itu sepanjang 53,6 kilometer dengan biaya pembangunan dan pembebasan lahan sebesar Rp 5,4 triliun.

Pembangunan itu terbagi dalam 4 seksi. Seksi pertama Ciawi-Cigombong sepanjang 15 kilometer. Seksi dua, Cigombong-Cibadak 12 kilometer. Seksi tiga, Cibadak-Sukabumi Barat 14 kilometer dan Seksi empat, Sukabumi Barat-Sukabumi Timur.

Dengan dibangunnya tol Bocimi diharapkan dapat mengurai kemacetan mulai dari Ciawi-Cigombong yang setiap hari terjadi di ruas jalan penghubung Kota dan Kabupaten Bogor itu.

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help