Sudin Peternakan Jakbar Waspadai Penyebaran Rabies

Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat mewaspadai penyebaran rabies dengan vaksinasi hewan peliharaan.

Sudin Peternakan Jakbar Waspadai Penyebaran Rabies
Panji Baskhara Ramadhan
Ilustrasi : Pemprov DKI melalui Suku Dinas (Sudin) Peternakan dan Pertanian Jakarta Pusat menggelar vaksinasi rabies massal gratis terhadap Hewan Penular Rabies (HPR). Vaksinasi ini pun digelar di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (3/9/2014). 

WARTA KOTA, JAKARTA - Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat mewaspadai penyebaran rabies dengan vaksinasi hewan peliharaan.

"Kami rutin tiap tahun memberikan vaksinasi kepada hewan penyebar rabies (HPR) diantaranya anjing, kucing dan kera," kata Kepala seksi Peternakan Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat Rahmat Manender di Jakarta, Senin (22/9/2014).

Rahmat menjelaskan, penyebaran rabies ini biasanya akibat dari gigitan hewan anjing, kucing dan kera yang menyebar dari air liurnya kedalam tubuh manusia dan bisa mengakibatkan kematian.

"Akibat gigitan hewan peliharaan atau liar penyebar rabies yang belum divaksinasi bisa berakibat sangat fatal, pertama akan menyerang saraf dan kedua bisa berakibat kematian," kata Rahmat.

Selain itu, Rahmat juga menjelaskan guna mengantisipasi penyebaran rabies pihaknya akan melakukan sterilisasi dan penangkapan hewan liar untuk dibawa langsung ke Balai Kesehatan Hewan dan Ikan Provinsi DKI Jakarta.

"Walaupun sejak 2004 Jakarta bebas rabies kami mencoba mempertahankannya dengan tetap rutin melakukan razia populasi hewan liar guna antisipasi penyebaran rabies," kata Rahmat.

Ia mengimbau kepada masyarakat pemilik hewan peliharaan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan dan vaksinasi rutin ke dokter hewan atau vaksinasi gratis yang diadakan di wilayah kota Jakarta Barat.

"Penyuntikan vaksin kepada hewan peliharaan kami berikan secara gratis dan pelaksaannya di setiap kecamatan di Jakarta Barat, sistemnya 'door to door'," kata Rahmat. (Antara)

Tags
rabies
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help