IIMS 2014

Industri Otomotif Indonesia Untung 2,5 Miliar Dolar AS

Industri otomotif Indonesia sejak tahun 2012 mengalami surplus. Untuk tahun ini pemerintah menargetkan 4,5 miliar dolar.

Industri Otomotif Indonesia Untung 2,5 Miliar Dolar AS
Antaranews.com
Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan. 

WARTA KOTA, KEMAYORAN - Industri otomotif Indonesia sejak tahun 2012 dikatakan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengalami surplus, untuk tahun ini, pemerintah menargetkan 4,5 miliar dolar untuk total produksi kendaraan yang diekspor dan 2,5 miliar dolar untuk produksi kendaraan impor.

"Dengan demikian industri Indonesia tahun ini mengalami surplus 2,5 miliar dolar baik part maupun barang setengah jadi dan barang jadi.
Di tahun 2019 menjelang 2020 industri otomotif Indonesia akan mencapai 11 miliar dolar," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat membuka Indonesia International Motor Show 2014 ke 22 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2014).

Dengan data tersebut, Lutfi mengatakan industri otomotif Indonesia bisa menjadi bagian paling penting dalam menjual barang ekspor dan
diyakini pada 2020 mendatang industri otomotif akan masuk dalam tiga besar penjualan ekspor tanah air setelah kelapa sawit.

"Industri ini nantinya akan menyaingi ataupun hampir sama dengan ekspor alas kaki dan elektronik,” kata Lutfi.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved