WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Alumni FT UNP: Dari Ranah Minang untuk Indonesia

Iluni FT UNP wilayah Jabodetabek menggelar acara halal bihalal di Anjungan Sumatera Barat, TMII, Jakarta Timur.

Alumni FT UNP: Dari Ranah Minang untuk Indonesia
Wartakotalive.com/Suprapto
Anggota Ikata Alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT UNP) menggelar halal bihalal di anjungan Sumatera Barat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (10/8/2014). 

WARTA KOTA, PALMERAH— Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (Iluni FT UNP) wilayah Jabodetabek menggelar acara halal bihalal di Anjungan Sumatera Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Acara berlangsung akrab. Sejumlah alumni, yang sudah belasan tahun, bahkan puluhan tahun tak bertemu, bisa saling melepas rindu di tempat ini. Mereka saling bersalaman, berpelukan, dan kemudian maota (berbicara ngalor ngidul) diselingi canda tawa.

Alumni FT UNP –dulu bernama Fakultas Keguruan Teknik (FKT) dan Fakultas Pendidikan dan Teknologi Kejuruan UNP Padang, tersebar di Indonesia.

Pada sekitar tahun 1970-an hingga menjelang reformasi, mahasiswa FKP/FPTK/FT UNP tidak hanya berasal dari Pulau Sumatera, khususnya Sumatera Barat, tapi juga berasal dari Pulau Sulawesi, Kalimantan, dan Jawa.

Sebagian besar di antara mereka adalah mahasiswa undangan melalui program Penelerusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Dengan demikian, begitu menyelesaikan pendidikan, mereka ada yang kembali ke daerah masing-masing, sebagian besar bekerja menjadi pendidik di sekolah kejuruan di berbagai wilayah di Indonesia.

Meski demikian, ada juga alumni yang menekuni profesi lain atau bekerja di dunia industri, properti, transportasi, dan pengusaha.

Nelson Idris, alumni angkatan 1984, mengaku, dia bersyukur bisa bertemu dengan alumni lain setelah terpisahlama.

Saat ini, dia tidak menjadi pendidik, tapi bekerja PT Pelni dan sempat ber tugas di Ambon, Maluku. “Alumni kita sangat beragam dan bisa berkiprah di berbagai bidang. Yang penting, kita memiliki kompetensi dan etos kerja yang baik,” ujarnya, saat sharing pengalaman dengan alumni lainnya, Minggu (10/8).

Nelson kini menjadi Dirut PT Solusi Integrasi Utama, anak perusahaan PT Pelni. “Mungkin karena saya pernah kuliah di elektro, sehingga mendapat amanah seperti ini,” katanya.

Alumni lainnya, Kemal Mustafa menjadi Kepala Sudin Pendidikan Menengah Jakarta Utara, yang berpesan, agar para alumni tetap memberikan karya terbaik sesuai dengan bidang pekerjaan yang digeluti. “Apa pun jenis pekerjaannya, asalkan kita bekerja dengan baik, maka kita akan bisa memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa,” ujar salah seorang pembina Iluni tersebut.

Sementara itu, Apra Mitra, Sekretaris Iluni FT UNP Jabodetabek, mengingatkan pepatah Minang, yang bisa menjadi pegangan para alumni, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Artinya di mana saja alumni berada, bisa menghormati adat istiadat setempat dan tentu saja bekerja dengan baik pula di wilayah tersebut.

Pemilihan tempat reuni di anjungan Sumatera Barat adalah salah satu cara agar para alumni tetap mengingat ranah, budaya, dan adat istiadat Minang.

Apra mewakili ketua Iluni, Yos Mandala Hutapea, yang berhalangan hadir. Dia didampingi Mulyadi Yanis, Kepala Anjungan Sumatera Barat, yang juga alumni FT UNP. (pro)

Lebih lengkap silakan baca koran Warta Kota edisi Minggu (7/9/2014).

Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help