PASI Turunkan Atlet Pelatnas di Bali Marathon 2014

Sekjen PB PASI mengatakan, ajang Bali Marathon 2014 bisa digunakan oleh atlet nasional untuk ajang uji coba jelang SEA Games 2015.

PASI Turunkan Atlet Pelatnas di Bali Marathon 2014
Tribunnews.com/Herudin
Ilustrasi : Peserta lomba Jakarta Marathon 2013. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, Tigor Tanjung, mengatakan bahwa ajang Bali Marathon 2014 yang akan digelar pada 12-13 September mendatang bisa digunakan oleh atlet nasional untuk ajang uji coba jelang SEA Games 2015.

Salah satu atlet proyeksi SEA Games 2015, Niko Silas, bakal berlaga di ajang tersebut. Selain itu atlet muda Asmara Bara, serta pelari legendaris, Supriati Sutono, juga dipastikan akan berlaga di kejuaraan yang bakal digelar di Gianyar, Bali.

"Pelari nasional itu terbagi dua, yaitu pelari pelatnas dan non pelatnas. Untuk atlet pelatnas memang ada aturan yang sangat ketat untuk mengikuti kejuaraan seperti ini karna agar tidak mengganggu periodisasi latihannya," ujar Tigor Tanjung.

Tigor mengatakan, untuk Agus Prayogo, yang juga merupakan atlet proyeksi SEA Games 2015, pihaknya masih mempertimbangkan. Karena Agus baru saja berlaga di ajang kejuaraan Nasional pekan lalu. "Selain atlwet pelatnas atlet dari daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah dan NTT juga bakal turun di ajang tersebut," ujar Tigor.

Lebih lanjut Tigor mengatakan, PB PASI sudah bekerjasama dengan penyelenggara event Bali Marathon sejak tahun 2012. Dukungan PASI dalam hal ini membagi pengalaman dalam penyelenggaraan. "Tahun ini di Bali Marathon 2014, kami mengukuhkan kerjasama ini. PASI adalah perpanjangan tangan dari organisasi atletik dunia. Kami memiliki misi agar lomba lari di Indonesia memiliki kesamaan prosedur dengan badan lari dunia," ujar Tigor.

Direktur Lomba Lari Bali Marathon, Thila Nadason mengatakan, sedikitnya sudah ada 3.700 pelari dari dalam dan luar negri, 1.600 pelari di antaranya merupakan pelari asal Jakarta. Sementara 30 persen dari total pelari berasal dari mancanegara seperti Kenya, Ethiopia, Amerika, Australia, Singapura, dan Malaysia.

Bali Marathon tahun ini menyediakan total hadiah lebih dari 150.000 dolar AS yang akan dibagi kepada 88 pemenang.

“Kami menyambut gembira meningkatnya antusiasme para pendaftar, baik pelari profesional maupun umum serta rekan-rekan penggemar olah raga lari beserta komunitas-komunitas lari, di dalam dan luar negeri yang turut menyampaikan informasi tentang BII-Maybank Bali Marathon kepada sesama rekan-rekannya secara luas,” kata Thila Nadason.

Penulis: Murtopo
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help