Alami Stroke Harus Segera Dibawa Ke Dokter

Warga yang terserang stroke harus segera ditangani oleh dokter di rumah sakit karena akan menentukan kondisi pasien selanjutnya.

Alami Stroke Harus Segera Dibawa Ke Dokter
Warta Kota/Dody Hasanudin
Acara Media Gathering RS Bunda Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/8/2014). 

WARTA KOTA, MENTENG - Warga yang terserang stroke harus segera ditangani oleh dokter di rumah sakit. Penanganan cepat itu harus dilakukan karena akan menentukan kondisi pasien selanjutnya.

"Dalam manajemen stroke akut dikenal golden periode. Ada batas waktu tertentu pasien harus mendapatkan penanganan. Semakin cepat ditangani maka hasil akhirnya akan lebih baik," kata Spesialis Bedah Saraf Bunda Neuro Center RSU Bunda Jakarta, dr Ibnu Benhadi SpBs (K) di acara Media Gathering RS Bunda Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/8/2014).

Menurut Ibnu, ada dua penanganan berbeda untuk kedua jenis stroke. Stroke yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah atau dikenal dengan stroke iskemik bisa diberikann obat pengencer darah. Namun pemberiannya hanya efektif di tiga jam setelah serangan stroke.

Jika stroke disertai pendarahan atau stroke hemoragik maka bisa dillakukan pembedahan.

"Penilaian secara akurat tentang penyebab stroke dan dilanjutkan dengan pengobatan yang tepat akan menentukan keberhasilan terapi dan kualitas hidup pasien selanjutnya," kata Ibnu.

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved