Mudik Lebaran 2014

136 Awak Bus di Depok Dites Urine

Sebanyak 139 awak bus Lebaran dari Terminal Terpadu Depok, menjalani rangkaian tes kesehatan termasuk tes urine

136 Awak Bus di Depok Dites Urine
Warta Kota/adhy kelana
Ilustrasi tes urine 

WARTA KOTA, DEPOK— Sebanyak 139 awak bus angkutan Lebaran yang berangkat dari Terminal Terpadu Depok, menjalani rangkaian tes kesehatan termasuk tes urine untuk melihat apakah mereka mengonsumsi narkoba atau tidak.

Pemeriksaan kesehatan awak bus dilakukan oleh Dokpol Polres Depok dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok.

"Ada 136 sopir bus yang menjalani rangkaian cek kesehatan hari ini, termasuk tes urine," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Gandara Budiana di terminal terpadu Depok, Jumat (25/7/2014).

Menurut Budiana, pemeriksaan kesehatan awak bus memang baru dilakukan kali ini yakni pada H-3, karena diprediksi, hari inilah puncak arus mudik yang terjadi di Depok.

"Ini untuk mencegah awak bus yang tidak sehat, apalagi yang mengkonsumi narkoba, membawa pemudik. Jika nanti ada yang dinyatakan tidak sehat atau mengkonsumsi narkoba maka akan batalkan dia untuk membawa pemudik," katanya.

Selain itu, katanya, pihaknya juga melakukan uji kelaikan kendaraan angkutan Lebaran sebagai bagian menjamin keamanan penumpang bus.

Kapolresta Depok, Kombes Ahmad Subarkah yang ikut menyaksikan tes urine itu mengatakan dalam tes kesehatan ini, selain melakukan tes urine untuk mengetahui apakah awak bus mengkonsumsi narkoba, juga diperiksa apakah sopir mengkonsumsi miras atau tidak.

Ia mengatakan kepada awak bus jika merasa sakit dan tidak sehat diharapkan jangan memaksakan diri untuk membawa penumpang. "Kepada para sopir jika sakit jangan memaksakan diri membawa penumpang karena bisa berbahaya. Kalau nanti ada mengidap hipertensi saat pengecekan kesehatan, tim dokter akan memberikan obat anjuran secara gratis," katanya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved