Suara Warga

Inilah Cara Ikut Mudik Gratis Kemenhub

Pendaftaran angkutan gratis sepeda motor dengan kereta api telah ditutup pada 23 Mei 2014. Jadi tinggal yang menggunakan kapal laut.

Inilah Cara Ikut Mudik Gratis Kemenhub
Kompas.com
Ilustrasi antre daftar mudik gratis. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Tanya: Yth Bapak Pimpinan Kementrian Perhubungan, nama saya Sujiyono warga Demak Jawa Tengah. Saya ingin bertanya bagaimana caranya ikut mudik gratis yang diadakan Kemenhub. Apakah saya bersama keluarga masih bisa ikut kereta atau kapal laut angkutan lebaran tahun ini. Bagaimana cara dan syaratnya karena kemarin saya mencari tiket kereta tidak kebagian. Saya trauma bila naik sepeda motor karena pernah mengalami kecelakaan. Terima kasih. 081808002XXX

Jawab: Bagi masyarakat yang akan mudik Lebaran yang menggunakan sepeda motor yang melalui jalur mudik pantai utara (pantura) dan selatan, Kementerian Perhubungan kembali melaksanakan mudik gratis dengan kapal laut. Untuk pendaftaran angkutan gratis sepeda motor dengan kereta api telah ditutup pada tanggal 23 Mei 2014 lalu. Jadi tinggal yang menggunakan kapal laut. Ketentuan yang harus dilengkapi adalah calon peserta harus membawa motor atas nama sendiri yang sah, foto kopi STNK, SIM, KTP, dan foto KK bila sudah memiliki anak sebagai tanda keabsahannya.

Pendaftarannya, dimulai 1 hingga 16 Juli 2014 mendatang dengan membawa beberapa berkas sebagai persyaratan tersebut. Adapun kapasitasnya kapasitas angkut kapal lautnya hingga 12.000 sepeda motor untuk keberangkatan pemudik dan kepulangan.

Keberangkatan dari pelabuhan Tanjung Priok menuju pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah. Bagi masyarakat yang akan mudik gratis dengan kapal laut, maka akan memeroleh tiga tiket pergi-pulang, yakni untuk suami, istri, dan anak dibawah 12 tahun per sepeda motornya, atau untuk dua dewasa dan satu anak.

Mudik dengan kapal laut, selain sepeda motornya, pemiliknya juga bisa turut serta. Mereka juga akan difasilitasi tempat tidur selama di atas kapal untuk dua orang per sepeda motor dan gratis dua kali makan dalam satu trip perjalanan.

Untuk keberangkatan mudik, masyarakat bisa menyesuaikan waktu sesuai keinginan, yakni dari Tanjung Priok pada 24 atau 26 Juli dan dari Tanjung Mas berangkat pada 2 atau 4 Agustus 2014.

Untuk informasi lebih lanjut terkait mudik gratis dengan kapal laut ini juga bisa diakses melalui website mudikgratislebaran2014@dephub.go.id. Terima kasih semoga bermanfaat!

JA Barata,
Kepala Pusat Komunikasi Publik
Kementerian Perhubungan

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved