Ditjen Hubla Tambah Kapal Mudik Angkut Sepeda Motor

Dirjen Hubla, Boby R Mamahit mengatakan, untuk mudik tahun ini, pihaknya menargetkan mengangkut hingga 6000 sepeda motor

Ditjen Hubla Tambah Kapal Mudik Angkut Sepeda Motor
Kompas.com
Ilustrasi: Kapal PT Pelni, KM Lambelu, saat hendak sandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku, beberapa waktu lalu 

WARTA KOTA, SURABAYA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan akan menambah satu trayek kapal pengangkut sepeda motor untuk mudik lebaran tahun 2014 ini.

Dirjen Hubla, Boby R Mamahit mengatakan, untuk mudik tahun ini, pihaknya menargetkan mengangkut hingga 6000 sepeda motor.

"Paling tidak memperpendek jarak mereka membawa sepeda motor, kita siapkan dua rute, yakni Jakarta-Semarang dan Jakarta-Panjang," ujarnya di acara Lokakarya di Surabaya, Jawa Timur Minggu (22/6) malam.

Ia mengatakan, untuk mudik tahun ini, jumlah kapal yang disiapkan, sebanyak 25 Kapal Pelni, dan 168 kapal swasta. Jumlah tersebut diluar penyebrangan rutin.

Ia memperkirakan peningkatan jumlah pemudik dengan kapal laut tidak signifikan. "Kenaikan pemudik sekitar 3 persen, karena pemudik kapal laut ini sudah tradisional," katanya.

"Seperti Gumai-Semarang sudah diketahui, pemudik itu buruh pabrik, kita siapkan saja sesuai kebutuhan, kalau kelebihan penumpang kan berbahaya," tuturnya.  

Ia mengatakan, Pelni juga melakukan beberapa perubahan trayek tertentu, seperti Jakarta-Batam-Belawan, atau Gumai- Sampit- Semarang.

Jumlah pemudik kapal tahun 2014 ini diperkirakan sebanyak 1.573.986 orang atau meningkat sekitar 45.845 orang dibanding masa mudik Lebaran 2013 sebanyak 1.528.141 orang.

Penulis: Ahmad Sabran
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved