Pedagang Kaki Lima

PKL Asemka Akan Direlokasi ke Pasar Milik PD Pasar Jaya

Kondisi bangunan Pasar Asemka dinilai sudah tidak layak. Maka, rencana Pemkot Jakarta Barat membongkar pasar tersebut dinilai tepat

PKL Asemka Akan Direlokasi ke Pasar Milik PD Pasar Jaya
Warta Kota/Feryanto Hadi
Parkir Liar Asemka 

WARTA KOTA, JAKARTA - Kondisi bangunan Pasar Asemka, Tambora, Jakarta Barat, dinilai sudah tidak layak. Karena itulah, rencana Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat yang hendak membongkar pasar tersebut dinilai sudah tepat.

Pemkot Jakbar sendiri telah menyiapkan solusi untuk para pedagang kaki lima (PKL) Pasar Asemka. Rencananya, para PKL akan direlokasi ke Pasar Perniagaan milik PD Pasar Jaya yang letaknya relatif dekat dari pasar tersebut.

"Asemka itu bukan pasar kami. Itu pasar swasta, tapi kondisi bangunannya menurut informasi sudah tidak layak. Di depannya ada pasar kami namanya Pasar Perniagaan. Kalau pedagang Asemka mau masuk ke pasar kami, kami siap menampung karena di tempat kita banyak tempat yang masih kosong," kata Direktur PD Pasar Jaya Djangga Lubis, di Balaikota Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Menurut Djangga, pasar di daerah tersebut yang berada di bawah pengelolaan PD Pasar Jaya adalah Pasar Pagi. Untuk Pasar Pagi, Djangga menilai kondisinya masih layak. Karena itu, keberadaannya tetap akan dipertahankan.

"Kalau Pasar Pagi masih bagus. Itu pasar kita. Jadi yang mau dipindah cuma yang di Asemka saja. Kita sudah menyiapkan tempat," kata Djangga.

Camat Tambora Yunus Burhan mengatakan, relokasi pedagang kaki lima di bawah jalan layang Pasar Asemka dilakukan secepatnya. Hal tersebut untuk mengembalikan fungsi ruang di bawah jalan layang.

Selain itu, upaya tersebut dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan parkir liar di kawasan tersebut.

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved