Suara Warga

Cara Mengganti Data di Akta dan Ijazah

Jika Saudara ingin mengganti nama karena terjadi kesalahan pada pencetakan nama dikutipan akta silakan cepat mengurusnya

Cara Mengganti Data di Akta dan Ijazah
Kompasiana.com
Ilustrasi akta kelahiran. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Tanya: Bagaimana prosedur menganti nama dan memperbaiki data-data di akta kelahiran, ijazah, dan dokumen kependudukan lainnya? Karena data saya berbeda-beda. Terima kasih. 0817928547XXX

Jawab: Jika Saudara ingin mengganti nama karena terjadi kesalahan pada pencetakan nama dikutipan akta silakan cepat mengurusnya. Sesuai dengan UU No 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan mengenai perubahan nama pada kutipan akta kelahiran dilakukan:

Pencatatan Perubahan Nama di pasal 52 adalah:

(1) Pencatatan perubahan nama dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan negeri tempat pemohon.

(2) Pencatatan perubahan nama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dilaporkan oleh Penduduk kepada Instansi Pelaksana yang rnenerbitkan akta Pencatatan Sipil paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya salinan penetapan pengadilan negeri oleh Penduduk.

(3) Berdasarkan laporan sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Pejabat Pencatatan Sipil membuat catatan pinggir pada register akta Pencatatan Sipil dan kutipan akta Pencatatan Sipil. Dan Jika ada kesalahan nama pada ijazah tentunya perbaikan dilakukan pada institusi yang mengeluarkannya. Demikian informasi yang disampaikan, Semoga bermanfaat.

Dinas Dukcapil
Pemprov DKI Jakarta

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved