Transportasi Jakarta

Dua Hari 6.418 Penumpang Bus Transjakarta Amari

Hal ini dikarenakan operasional amari bus Transjakarta mendapat sambutan yang baik bagi warga Jakarta yang harus pulang kerja malam

Dua Hari 6.418 Penumpang Bus Transjakarta Amari
Wahyu Tri Laksono
Penumpang di Transjakarta armada malam hari, Minggu (1/6) malam. 

WARTA KOTA, BALAI KOTA - Selama dua hari beroperasi, Minggu (1/6) dan Senin (2/6), amari bus Transjakarta yang melayani tiga koridor telah mengangkut penumpang mencapai 6.418 penumpang. Hal ini dikarenakan operasional amari bus Transjakarta mendapat sambutan yang baik bagi warga Jakarta yang harus pulang kerja malam hari.

"Dari evaluasi selama dua hari ini, tanggapan masyarakat cukup bagus. Pelayanan amari bus Transjakarta di tiga koridor ini masih bagus," kata Kepala UP Transjakarta, Pargaulan Butar Butar.

Pargaulan menjelaskan bahwa banyak masyarakat yang menaiki bus Transjakarta amari berada di Koridor I yaitu Blok M-Jakarta Kota. Menurutnya, terjadi kenaikan penumpang terjadi pada hari kedua, Senin (2/6). Namun, untuk Koridor III jurusan Harmoni-Kalideres dan IX jurusan Pluit-Pinang Ranti masih kurang digemari masyarakat.

"Saya lihat jumlah penumpang di koridor I yang bagus. Jumlah penumpangnya meningkat di hari kedua dibandingkan hari pertama. Kalau di Koridor III dan IX, jumlah penumpangnya di hari kedua mengalami penurunan sedikit," katanya.

Kemudian, dia merincikan jumlah penumpang amari bus Transjakarta yang totalnya mencapai 6.418 orang selamadua hari beroperasi. Jumlah penumpang di Koridor I, totalnya mencapai 2.850 orang. Jumlah itu terdiri dari 1.383 penumpang di hari pertama beroperasi dan 1.467 penumpang di hari kedua beroperasi. Kemudian di Koridor III, total jumlah penumpang selama dua hari sebanyak 1.117 penumpang. Diantaranya 577 penumpang di hari pertama dan 540 penumpang di hari kedua. Lalu, total jumlah penumpang amari bus Transjakarta di Koridor IX mencapai 2.451 penumpang. Jumlah itu didapatkan dari jumlah penumpang di hari pertama sebanyak 1.449 penumpang dan 1.002 penumpang di hari kedua.

"Jumlah penumpang di Koridor I meningkat karena rute Blok M-Kota merupakan rute paling sibuk diantara dua koridor lainnya. Sedangkan koridor III dan IX mengalami penurunan, dikarenakan pada umumnya di Hari Minggu banyak orang yang pulang dari kampung atau sehabis liburan. Lalu pada hari kerja, tidak cukup banyak yang pulang malam hari. Mungkin itu pengaruhnya," jelas Pargaulan.

Perlu diketahui, Unit Pengelola (UP) Transjakarta mengoperasikan sebanyak 18 armada angkutan malam hari (amari) bus Transjakarta mulai Minggu (1/6). Dalam setiap koridor terdapat enam buah bus. Pengoperasian bus Transjakarta itu pada pukul 22.00 sampai 06.00. Jumlah penumpang cukup tinggi pada pukul 22.00 hingga pukul 02.00 dinihari.

"Bila animo masyarakat semakin bertambah, kita akan tambah jumlah armadanya disesuaikan dengan kebutuhan," pungkasnya.

Unit Pengelola (UP) Transjakarta mengoperasikan sebanyak 18 armada angkutan malam hari (amari) bus Transjakarta mulai Minggu (1/6). Ternyata, operasional amari bus Transjakarta mendapat sambutan yang baik bagi warga Jakarta yang harus pulang kerja malam hari. Amari baru melayani di Koridor I (Blok M-Kota), koridor III (Kalideres-Harmoni), dan koridor IX (Pinang Ranti-Pluit). Jika koridor lainnya beroperasi mulai pukul 05.00-22.00, maka Amari beroperasi mulai pukul 22.00 hingga 06.00 WIB.

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved