Transportasi Jakarta

Mulai Malam Ini Tiga Koridor Transjakarta Beroperasi 24 Jam

Rencana operasi bus Trans­jakarta selama 24 jam terealisasi mulai Minggu (1/6/2014) malam.

Mulai Malam Ini Tiga Koridor Transjakarta Beroperasi 24 Jam
Warta Kota/angga bhagya nugraha
Bus Transjakarta 

Warta Kota, Jakarta -- Rencana operasi bus Trans­jakarta selama 24 jam terealisasi mulai Minggu (1/6/2014) malam. Tambahan jam bus Transjakarta yang beroperasi 24 jam itu mulai pukul 23.00 hingga 05.00.

Pargaulan Butar-Butar, Ke­­pala Unit Pengelola (UP) Transjakarta, mengatakan, UP Transjakarta menyiapkan 18 bus yang akan berjalan pada malam hari. Trans­jakarta malam hari ini berjalan di tiga koridor. Masing-masing koridor disiapkan enam bus, dan dua unit bus lainnya sebagai cadangan.

"Jadi jumlah busnya tidak sebanyak siang hari. Tiga koridor ini adalah yang terpadat, dan kami lihat sampai malam permintaannya tetap tinggi," kata Pargaulan.

Pargaulan mengatakan, Dinas Perhubungan DKI Ja­karta akan mengevaluasi koridor lainnya yang memiliki permintaan tinggi. Bus yang digunakan untuk angkutan malam hari (amari) ini merupakan bus Transjakarta lama yang sudah direkondisi.

UP Transjakarta akan menerapkan sistem shift atau giliran kerja bagi pengemudi, penjaga loket halte, dan petugas di bus. Harga tiket amari tetap Rp 3.500.

Mengubah halte

Selain menjalankan bus Transjakarta 24 jam, Unit Pengelola (UP) Transjakarta juga membenahi halte bus Transjakarta. Pembenahan halte dilakukan dengan mengubah desain halte menjadi lebih panjang, lebar, dan terbuka.

Salah satu halte yang telah dibangun dengan menerapkan desain yang baru ada di Halte Karet 2. Halte itu lebih panjang dan lebar dibandingkan halte terdahulunya, yaitu Halte Karet 1.

Perubahan desain halte ini dilakukan karena penumpang kerap berdesakan saat menunggu bus di dalam halte.

Pargaulan Butar-Butar mengatakan, pembenahan halte bus telah dilakukan sejak tahun 2013, pada koridor II (Harmoni-Pulogadung) dan Koridor III (Kalideres-Harmoni).

Halaman
12
Penulis: Ahmad Sabran
Editor: Catur Waskito Edy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved