Pesat BPN untuk Berantas Calo Tanah

Pelayanan Sabtu Cepat (Pesat)di BPN Jakarta Selatan diharapkan bisa memberantas calo pengurusan tanah.

Pesat BPN untuk Berantas Calo Tanah
m.bisnis.com
Logo BPN. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Pelayanan Sabtu Cepat (Pesat) yang diselenggarakan Kantor Badan Pertanahan (BPN) Jakarta Selatan diluncurkan untuk memberantas keberadaan calo pengurusan tanah.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha BPN Jakarta Selatan, Taufik Rokhman mengatakan, inti layanan ini adalah mempermudah warga untuk mengurus surat tanahnya sendiri. Namun memang ada warga yang merasa pelayanan yang dilakukan oleh pegawai di kantor yang berada di Jalan Haji Alwi No. 99 Tanjung Barat, Jagakarsa Jakarta Selatan ini kurang.

"Memang utamanya untuk memudahkan masyarakat mengurus sendiri, memang masih saja ada yang komplain dan merasa layanan kurang cepat dan tidak puas. Namun perlu dilihat lagi, apakah seluruh persyaratan yang dibutuhkan dalam mengurus sertifikat, sudah dipenuhi? Nah itu yang harus dipahami masyarakat, karena tanpa syarat yang lengkap, kita tidak bisa memprosesnya," ujar Taufik di kantor BPN Jakarta Selatan, Senin (26/5/2014).

Taufik menjelaskan, banyak pemohon surat datang ke Pesat karena syaratnya kurang lengkap sehingga terpaksa kembali pada pekan depannya.  Pesat melayani Pengecekan Sertifikat, Peningkatan Hak (RS/RSS), Roya, Pencatatan Blokir, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah, hingga pelayanan permohonan hak atas sertifikat tanah.

"Kita lakukan layanan kemudahan, jadi sebaiknya diurus pribadi saja. Dengan demikian tidak perlu ada calo yang harus dibayarkan lagi dengan biaya lebih mahal. Warga juga bisa paham apa yang menjadi kendala di lapangan," tuturnya.

Penulis: Ahmad Sabran
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved