Terminal Diperbaiki Agar Orang Mau Naik Angkutan Umum

Ada enam terminal di DKI Jakarta yang akan direvitalisasi pada tahun ini. Salah satunya akan bergaya kolonial.

Terminal Diperbaiki Agar Orang Mau Naik Angkutan Umum
ist/sab
Rencana revitalisasi terminal di Jakarta. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Ada enam terminal di DKI Jakarta yang akan direvitalisasi pada tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar memastikan, keenam terminal tersebut adalah Terminal Klender, Rawamangun, Pinang Ranti, Kampung Rambutan, Muara Angke, dan Kalideres.

Menurut dia, seluruh terminal tersebut akan dibangun dengan arsitektur bergaya kolonial, sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Arsitektur kolonial sendiri saat ini telah digunakan di Terminal Manggarai, yang baru saja diresmikan April lalu.

"Perbaikan ini untuk kenyamanan, agar warga mau pindah ke angkutan umum. Selain itu untuk menghilangkan kesan terminal yang seram dan tidak aman," kata Akbar saat dihubungi, Minggu (11/5/2014).

Menurut Akbar, Terminal Klender akan dibangun dengan dana sekitar Rp 11,7 miliar, Terminal Rawamangun Rp 48 miliar, Terminal Pinang Ranti Rp 23 miliar, Terminal Kalideres Rp 248 miliar, Terminal Muara Angke Rp 8 miliar, dan Terminal Kampung Rambutan Rp 871 miliar.

"Pembangunan Terminal Klender, Rawamangun, Pinang Ranti, dan Muara Angke dianggarkan single year tahun ini. Kalau Kampung Rambutan dan Kalideres dianggarkan multi years yang dimulai tahun ini, dan selesai mungkin tahun depan," jelas mantan Kepala BLU Transjakarta itu.

Revitalisasi terminal merupakan salah satu cara yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam upaya memperbaiki sarana dan prasarana transportasi umum di ibu kota.

Pada tahun lalu, revitalisasi terminal dilakukan di dua tempat, yakni di Terminal Manggarai dan Terminal Kota.

Editor: Lucky Oktaviano
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved