Juara Dunia Pencak Silat Luncurkan Buku

Tri Widodo, atlet juara dunia pencak silat tahun 2000, meluncurkan buku berjudul Tri Widodo: Perubahan Menuju Prestasi.

Juara Dunia Pencak Silat Luncurkan Buku
Agustin Setyo Wardani
Acara peluncuran buku biografi Tri Widodo: Perubahan Menuju Prestasi dilangsungkan di Hotel Padepokan Pencak Silat Indonesia, Taman Mini, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (3/5/2014) 

WARTA KOTA, CIPAYUNG - Tak banyak atlet peraih gelar juara dunia yang kemudian menuangkan kisah suksesnya dalam sebuah buku. Lain halnya dengan Tri Widodo. Ia adalah atlet juara dunia pencak silat tahun 2000.

Bertempat di Hotel Padepokan Pencak Silat Indonesia, Taman Mini, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (3/5/2014), buku berjudul Tri Widodo: Perubahan Menuju Prestasi itu pun diluncurkan.

Buku yang ditulis oleh dua orang psikolog bidang olahraga, Amran Effendi Siregar dan Damar Arum Dwiariani ini mengisahkan tentang perjalanan karier sang atlet pencak silat dari mulai ia berkenalan dengan pencak silat hingga sukses menyabet gelar juara dunia tahun 2000.

Dalam buku ini, diceritakan bahwa Dodo, panggilan akrab sang atlet, adalah seorang anak yang lahir dari ayah tentara yang kemudian mengajarkannya sifat disiplin, komitmen, kerja keras, dan pantang menyerah serta ibu yang menanamkan jiwa sosial pada anak laki-lakinya.

Menginjak masa SMP, Dodo mengikuti ekstrakurikuler (ekskul) karate. Hal inilah yang akhirnya membawanya menjadi atlet berprestasi dalam olahraga asli Indonesia itu.

"Awalnya hanya tertarik dengan gerakannya, ikut-ikut teman, terus lama-lama jadi jatuh cinta (pada pencak silat) dan ada kepuasan sendiri kalau bisa melakukan sebuah gerakan baru," ujar Dodo saat ditanya mengenai perkenalannya dengan karate.

Ayah dari tiga orang putri ini mengatakan bahwa orangtua menjadi motivasi utamanya meraih kesuksesan.

Selain orangtua, pria yang gemar bernyanyi ini juga menjadikan sebuah lagu sebagai motivasinya. One moment in time yang dinyanyikan oleh Whitney Houston adalah lagu yang memotivasinya. Ada bait yang secara khusus ia senangi, yaitu I'm only one but not alone.

"Saat dalam pertandingan saya sendiri, tapi saya tahu bahwa di belakang sana, banyak orang hebat yang mendukung saya," ujar Dodo mengenang.

Dalam acara launching buku tersebut, Dodo yang mengenakan jas abu-abu juga sempat menyanyikan sebuah lagu berjudul Karena Cinta yang secara khusus ia persembahkan sebagai ucapan terima kasih bagi semua orang yang sudah mendukungnya.

Saat ini, Dodo, menjadi seorang pegawai negeri sipil di Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta. Pekerjaan ini ia peroleh karena prestasinya dalam bidang olahraga pencak silat. [Agustin Setyo Wardani]

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved