Plat Nomor Prioritas untuk Kendaraan Baru

Kelangkaan plat nomor kendaraan baru terjadi di 14 Samsat di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Plat Nomor Prioritas untuk Kendaraan Baru
Kompas.com
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, SEMANGGI - Kasi STNK Subnit Regident Polda Metro Jaya Komisaris Adi Benny mengakui langkanya plat nomor kendaraan baru terjadi di 14 Samsat di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Penyebabnya distribusi plat nomor dari Korlantas terhenti sejak Januari 2014.

Benny menjelaskan sebenarnya stok plat nomor pinjaman dari Polda-polda lain, beberapa masih ada di gudang Samsat di Polda Metro Jaya. Namun penggunaannya, kata dia menggunakan skala prioritas.

"Stok plat nomor yang masih ada di gudang Samsat digunakan dengan skala prioritas. Yakni diutamakan untuk kendaraan baru," kata Benny kepada Warta Kota, Jumat (2/5).

Karenanya ia meminta masyarakat pemilik kendaraan lama yang mengurus perpanjangan STNK agar bersabar untuk mendapatkan plat nomor baru.

"Pakai yang lama dulu tidak apa-apa. Nanti kami lengkapi dengan surat keterangan, sehingga di jalan tidak ditilang," papar Benny.

Benny menjelaskan selama distribusi belum ada dari Korlantas, Polda Metro berupaya memenuhi kebutuhan plat nomor dengan cara meminjam ke Polda-polda lain yang masih memiliki stok plat nomor berlebih.

"Namun tetap saja tidak bisa memenuhi kebutuhan seluruhnya," ujar Benny.

Kasi Material SBST (SIM, BPKB, STNK dan TNKB) Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Sudanto mengatakan setiap harinya pihaknya membutuhkan sedikitnya 20.000 plat nomor baru yang akan dikirimkan ke semua Samsat di wilayah hukum Polda.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved