Home »

News

» Jakarta

Penyuluhan AIDS

Peduli Generasi Muda, YAI Ajak Siswa SMK Cegah AIDS

Yayasan AIDS Indonesia yang berdiri 1993 dan fokus pada pencegahan penyebaran AIDS melakukan penanggulangan AIDS.

Peduli Generasi Muda, YAI Ajak Siswa SMK Cegah AIDS
Agustin Setyo Wardani
Kegiatan AIDS Time yang bertema Tidak Pakai Narkoba, Tidak Tertular AIDS yang dilakukan oleh Yayasan AIDS Indonesia di SMK PGRI 29 Jakarta, Kamis (24/4/2014) 

WARTA KOTA, SLIPI - Yayasan AIDS Indonesia yang berdiri 1993 dan fokus pada pencegahan penyebaran AIDS melakukan penanggulangan AIDS.

Bertempat di SMK PGRI 29 Jakarta, Kamis (24/4/2014), kegiatan AIDS Time dengan tema besar Zero AIDS ini berisi pengenalan tentang HIV/AIDS dan cara pencegahannya.

Kepada 100 siswa SMK tersebut, Yayasan yang berkantor di Hotel Menara Peninsula lantai 3 ini, menjelaskan bahwa HIV selama ini dikenal sebagai penyakit yang mematikan.

Padahal itu tidak tepat, HIV adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia sehingga menjadikan tubuh kekurangan sel darah putih yang berfungsi sebagai anti bodi. Hal ini yang menjadikan tubuh mudah terserang penyakit.

Pada tahap tertentu ketika daya tahan tubuh sudah diserang, virus-virus akan datang dan menjadi sekumpulan penyakit yang dinamakan dengan AIDS.

Beberapa hal yang membuat orang bisa terkena HIV adalah adanya ODHA (orang dengan HIV/AIDS), adanya perlukaan di tubuh, serta adanya cairan.

Tanpa ketiga unsur tersebut, kecil kemungkinan untuk terjangkit HIV.

Sementara, penyebaran virus HIV bisa melalui empat cairan, yaitu darah, cairan sperma, cairan vagina, dan air susu pada ibu yang menyusui bayinya.

YAI juga mengajarkan siswa SMK PGRI 29 untuk tidak bersikap diskriminatif terhadap ODHA karena penularan virus tersebut hanya mungkin terjadi bila ketiga unsur diatas dipenuhi.

Kepada Warta Kota, koordinator pelaksana acara, Anink Edyson menjelaskan, "kegiatan ini merupakan program pertama di tahun 2014, audience dipilih siswa sekolah karena sasaran penyebaran narkoba adalah usia sekolah."

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dipaparkan oleh Bernhart Adilaksono Wahyumandiri, diterangkan bahwa 70 persen dari penderita HIV berasal dari penggunaan narkoba melalui jarum suntik. (Agustin Setyo Wardani)


Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help