Suara Warga

Cara Mengurus STNK Hilang

Prosedur pengurusan STNK hilang melakukan cek fisik kendaraan dan fotokopi hasil cek fisiknya.

Cara Mengurus STNK Hilang
Kompas.com
STNK. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Tanya: Beberapa waktu lalu saya telah kehilangan STNK sepeda motor. Bagaimana cara pengurusannya sesuai aturan, Pak Polisi. Terima kasih. 0815276593XXX

Jawab: Silakan lapor ke kantor polisi terdekat untuk membuat surat kehilangan. Proses pembuatan baru STNK yang hilang adalah sebagai berikut: 1. KTP pemilik kendaraan, asli dan fotokopi; 2. Fotokopi STNK yang hilang; 3. Surat Keterangan Hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat; 4. BPKB asli dan fotokopi.

Prosedur pengurusan STNK hilang melakukan cek fisik kendaraan dan fotokopi hasil cek fisiknya. Lalu mengisi formulir pendaftaran. Lalu mengurus cek blokir (mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.

Kemudian mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II dengan melampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat). Lalu melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. (Bila telah dibayar maka bebas biaya pajak).

Terakhir membayar biaya pembuatan STNK baru dan pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah). Terima kasih.

Divisi Humas Mabes Polri

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved