Nilai Tukar Rupiah

Rupiah Senin Pagi Menguat Jadi Rp 11.400/Dolar AS

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin (14/4/2014) pagi, bergerak menguat 10 poin menjadi Rp 11.400/dolar AS

Rupiah Senin Pagi Menguat Jadi Rp 11.400/Dolar AS
Warta Kota/Herudin
Mata uang rupiah 

WARTA KOTA, JAKARTA - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin (14/4/2014) pagi, bergerak menguat 10 poin menjadi Rp 11.400 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp 11.410 per dolar AS.

"Tekanan mata uang domestik terhadap dolar AS mulai mereda setelah mengalami tekanan menanggapi negatif hasil hitung cepat pemilu legislatif dimana belum ada partai yang dominan," kata Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pelaku pasar uang mulai kembali masuk ke rupiah meski tidak agresif seraya mengantisipasi perkembangan politik di dalam negeri.

Di sisi lain, lanjut dia, kebijakan Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) di level 7,5 peren saat ini cukup dinilai positif karena masih dapat menjaga stabilitas ekonomi makro dan sistem keuangan di Tanah Air.

Ia menambahkan bahwa kelebihan permintaan terhadap lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) diharapkan mampu mengangkat nilai tukar rupiah lebih tinggi.

Kendati demikian, lanjut Reza, mayoritas mata uang Asia yang cenderung berada dalam area pelemahan dapat menahan penguatan mata uang domestik lebih tinggi.

"Data perdagangan Tiongkok terlihat jauh di bawah rata-rata, kondisi itu bisa menjadi salah satu sentimen negatif bagi pasar keuangan di Asia," katanya.

Ia mengharapkan bahwa pelaku pasar uang tetap mencermati data-data regional serta imbas dari perkembangan politik di dalam negeri. (Antara)

Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help