Vatikan Digitalisasi Ribuan Manuskrip Bersejarah

Manuskrip sejak awal keberadaan gereja hingga abad ke-20 akan diubah ke format digital sehingga dapat dibaca secara online.

Vatikan Digitalisasi Ribuan Manuskrip Bersejarah
Kompas.com
Perpustakaan Vatikan. 

WARTA KOTA, VATIKAN — Perpustakaan Vatikan memulai proyek digitalisasi ribuan manuskrip bersejarah, Kamis (20/3/2014). Manuskrip sejak awal keberadaan gereja hingga abad ke-20 akan diubah ke format digital sehingga dapat dibaca secara online.

Menggandeng grup teknologi NTT Data dari Jepang, perpustakaan akan memindai tak kurang dari 1,5 juta koleksi naskah yang terdiri atas 82.000 item dan 41 juta halaman. Proyek awal diperkirakan rampung dalam waktu empat tahun dan memungkinkan untuk diperpanjang.

Perpustakaan Vatikan ada sejak akhir abad ke-14 dan merupakan salah satu penyimpan koleksi dokumen sejarah paling penting di dunia. Koleksinya mencakup 1,6 juta buku, serta sejumlah besar koin, lukisan, dan manuskrip.

"Naskah yang akan didigitalkan membentang dari masa sebelum Columbus ada di Amerika, hingga ke China dan Jepang di Timur Jauh, menggunakan semua bahasa dan budaya yang mewarnai budaya Eropa," kata Jean-Louis Brugues, arsiparis dan pustakawan Vatikan.

Perpustakaan akan menggunakan alat pemindai dan perangkat lunak NTT untuk merekam naskah dan arsip kemudian mengelolanya secara digital. Selama penggarapan, para teknisi NTT akan selalu didampingi pustakawan Vatikan.

"Setelah empat tahun, keterlibatan NTT dapat saja berlanjut ke tahap berikutnya yang mencakup seluruh koleksi," kata Monsignor Cesare Pasini, prefek perpustakaan. Untuk proyek ini, NTT menyumbang peralatan dan teknisi.

Pada tahap awal, nilai digitalisasi ini diperkirakan 18 juta euro, setara 25,04 juta dollar AS atau sekitar Rp 288 miliar. Tak kurang dari 3.000 dokumen tulisan tangan rampung didigitalisasi dalam empat tahun ini.

Tags
Vatikan
Editor: Rendy Adrikni Sadikin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved