Kilas Hari Ini

20 Maret 1990: Selamat Jalan The Black Spider

Semasa hidupnya, Yashin dikenal sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa.

20 Maret 1990: Selamat Jalan The Black Spider
duniasoccer.com
Lev Yashin saat membela Uni Soviet. 

WARTA KOTA, MOSKOW - Dunia sepak bola berduka. Pada 20 Maret 1990, salah satu legenda terbaik sepak bola dunia, Lev Yashin, mengembuskan napas terakhirnya pada usia 60 tahun karena kanker lambung yang dideritanya.

Semasa hidupnya, Yashin dikenal sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa. Pria bernama lengkap Lev Ivanovich Yashin ini menghabiskan kariernya bersama klub Dynamo Moskow dengan torehan 326 laga antara 1949 hingga 1971.

Segala prestasi apik pernah ditorehkan Yashin bersama Dynamo, termasuk memenangi lima gelar juara liga. Namun, pria kelahiran Moskwa itu baru mencicipi karier internasional bersama Uni Soviet pada 1954.

Berkat aksi-aksi gemilang di bawah mistar gawang, Yashin yang setiap bertanding selalu mengenakan kostum serba-hitam ini pun dijuluki 'The Black Spider'. Bersama Uni Soviet, Yashin mampu menorehkan prestasi medali emas di Olimpiade 1956 dan juara Piala Eropa 1960.

Prestasi individu pria yang juga berkarier sebagai penjaga gawang timnas ice hockey Uni Soviet ini pun cukup mengilap. Dia menjadi satu-satunya kiper yang pernah meraih gelar pemain terbaik Eropa (Ballon d'Or), yang direngkuhnya pada 1963.

Selama mencicipi karier profesional, Yashin pernah melakukan setidaknya 150 penyelamatan penalti dan 270 clean sheets. Sayang, masa-masa pensiun Yashin berjalan kurang baik. Pada 1986, dia mengalami masalah thrombophlebitis (pembekuan darah) di lutut, yang memaksa salah satu kakinya diamputasi. Hal itu pula yang memunculkan beragam komplikasi penyakit dalam sisa hidup Yashin, hingga tutup usia pada 1990.

"Kiper mana yang tak terluka dengan gol yang bersarang di gawangnya? Dia harus terluka! Jika dia santai, itu berarti akhir. Tak peduli apa yang pernah dilakukan pada masa lalu, dia jelas tak punya masa depan," bunyi salah satu komentar Yashin soal karier sebagai penjaga gawang.

Guna mengenang segala sepak terjang Yashin, FIFA pun melabeli Lev Yashin Award sebagai penghargaan untuk kiper terbaik pada setiap edisi Piala Dunia. FIFA pun menjadikan Yashin sebagai kiper terbaik dalam World Team of the 20th Century.

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Dunia Soccer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help