Pasien BPJS Harus Bayar Cuci Darah

Pasien di RS Jantung Harapan Kita harus membayar biaya cuci darah Rp 800.000 per sekali kedatangan. Hal itu tidak dicover BPJS.

Pasien BPJS Harus Bayar Cuci Darah
Warta Kota Network
Kartu JKN 

WARTA KOTA, PALMERAH - Inge (31) pada Rabu (5/3) lalu duduk termangu di salah satu lobi di Rumah Sakit (RS) Jantung Harapan Kita, Jakarta Barat. Tatapan matanya kosong dan mengawang-awang. Ia mengaku sedang mencemaskan suaminya, Toni (47), yang mengalami pembengkakan jantung.

Sore itu Inge membiarkan suaminya beristirahat di sebuah kamar perawatan dan ia ingin mencari angin segar sejenak di luar gedung rumah sakit.

Ketika berbincang dengan Warta Kota, ia mengaku sedang kebingungan mencari uang untuk keperluan perawatan sang suami. "Saya sudah pakai kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Memang biaya perawatannya gratis. Tapi saya bingung, katanya untuk cuci darah tidak masuk dalam tanggungan JKN," katanya.

Selama 10 hari menjalani perawatan di sana, suami Inge sudah dua kali melakukan cuci darah. "Ketika pertama cuci darah saya bayar Rp 800.000. Kemarin cuci darah kedua belum bayar, kata seorang suster nanti masuk dalam tagihan. Ini besok (hari ini) suami saya mau cuci darah lagi," katanya.

Ia mengaku kecewa kenapa cuci darah tidak masuk dalam tanggungan JKN, padahal masih terkait dengan penyakit yang didera suaminya.

Tidak hanya itu, Inge pusing lantaran dia harus menebus sebagian obat dengan kantong pribadi. "Sejenis obat antibiotik. Sekali tebus bisa Rp 500.000. Sehari bisa nebus sampai dua kali. Itu pakai uang pribadi karena katanya tidak masuk dalam tanggungan JKN juga," kata warga Krendang RT 05/07 Krendang, Tambora, Jakarta Barat, tersebut.

Pihak RS Harapan Kita belum bersedia dikonfirmasi karena ketika hendak dikonfirmasi meminta adanya surat permohonan wawancara terlebih dahulu.

Baca selengkapnya di Harian Warta Kota Edisi Kamis, 13 Maret 2014

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved