Nilai Tukar Rupiah

Rupiah Menguat di Level Rp 11.384 per dolar AS

Nilai tukar mata uang rupiah menguat seiring dengan adanya ekspektasi bank sentral Jepang yang akan menaikkan suku bunganya.

Rupiah Menguat di Level Rp 11.384 per dolar AS
dok forex
ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar 

WARTA KOTA, JAKARTA - Laju nilai tukar mata uang rupiah berbalik menguat seiring dengan adanya ekspektasi bank sentral Jepang yang akan menaikkan suku bunganya.

Rupiah berada pada level Rp 11.384 per dolar AS pada posisi kemarin (11/3/2014). Mata uang rupiah melanjutkan penguatannya ketika pada posisi sebelumnya berada pada Rp 11.449 per dolar AS (kurs tengah BI).

Reza Priyambada, analis Trust Securities, menuturkan ekspektasi kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Sentral Jepang berimbas pada penilaian pelaku pasar terhadap BI rate yang membuat laju nilai tukar Rupiah turut menguat.

"Kenaikan bunga acuan ini memperkuat kenaikan Yen dan membuat rupiah ikut terapresiasi setelah adanya kepercayaan bahwa tingkat suku bunga acuan BI rate masih bersaing dengan negara lainnya," katanya di Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Selain itu, penguatan rupiah juga terbantukan dengan adanya kebijakan BI yang menandatangani kerja sama Bilateral Currency Swap Arrangement (BSCA) dengan Korea Selatan senilai Rp 115 triliun (10,7 triliun won korea).

"Kebijakan yang memungkinkan penggunaan rupiah dan won dalam transaksi perdagangan internasional diantara kedua negara turut menambah sentimen positif bagi penguatan rupiah," katanya.

Pada hari ini diperkirakan laju rupiah akan melampaui level resisten Rp 11.415 dengan rentang Rp 11.400-11.367 (kurs tengah BI).

Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved