Paus Benediktus XVI Tetap Yakin Pengunduran Sah

Hampir setahun sejak pengunduran diri yang bersejarah, Paus Emeritus Benediktus XVI, membantah berada di bawah tekanan.

Paus Benediktus XVI Tetap Yakin Pengunduran Sah
Kompas.com
Paus Emeritus Benediktus XVI sebelum menyatakan pengunduran dirinya tahun lalu. 

WARTA KOTA, ROMA-- Hampir setahun sejak pengunduran diri yang bersejarah, Paus Emeritus Benediktus XVI, membantah berada di bawah tekanan dari pihak dalam Vatikan saat ia mengumumkan untuk berhenti dari jabatannya.

Dalam sebuah pernyataan publik yang jarang terjadi, Paus Emeritus berusia 86 tahun itu menegaskan, ia dengan bebas mengambil keputusan untuk menjadi paus pertama sejak Abad Pertengahan yang mengundurkan diri dari kursi Santo Petrus itu. Pengumuman pengunduran dirinya ketika itu mengejutkan Gereja Katolik dan menjadi berita utama di seluruh dunia.

Ada spekulasi yang intens bahwa pengunduran dirinya dipicu kecemasan mendalam terkait skandal di mana kepala pelayannya telah mencuri dokumen rahasia Vatikan yang kemudian dibocorkan ke media dan mengungkap soal korupsi, nepotisme dan praktek kotor di jantung Tahta Suci.

"Tidak ada sedikit pun keraguan soal validitas pengunduran diri saya dari pelayanan Petrus," tulis Benediktus dalam sebuah surat, yang diterbitkan Rabu (26/2/2014) di La Stampa, koran Italia, dalam menjawab pertanyaan koresponden Vatikan koran itu.

Benediktus, terakhir kali, meninggalkan Vatikan sebagai paus pada 28 Februari tahun lalu setelah mengatakan bahwa ia tidak lagi punya "kekuatan pikiran dan fisik" untuk melanjutkan tugasnya.

Benediktus juga membahas pendapat seorang penulis Katolik terkemuka yang menyatakan ia tidak mengundurkan diri berdasarkan kemauannya sendiri dan karena itu secara teknis dirinya tetaplah seorang paus. Dengan demikian, pemilihan Fransiskus pada Maret lalu juga tidak sah. "Satu-satunya syarat validitas adalah kebebasan penuh dari keputusan itu," tulisnya. "Spekulasi tentang ketidakabsahan keputusan itu benar-benar absurd."

Benediktus masih mengenakan jubah putih dan topi putih kepausan. Namun dia mengatakan, hal itu janganlah ditafsirkan sebagai tanda bahwa ia masih ingin dianggap sebagai paus.

Benediktus kini tinggal di sebuah bekas biara di dalam kompleks Vatikan. Ia menghabiskan hari-harinya dengan berdoa, membaca, merawat kucing, berjalan di sebuah taman kecil dan bermain piano.

Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved