Panti Asuhan

Polisi Langsung Tahan Samuel Jika Hasil Visum Positif

Polisi menunggu hasil visum beberapa anak panti The Samuel's Home, Tangerang, yang akan keluar Jumat (28/2/2014).

Polisi Langsung Tahan Samuel Jika Hasil Visum Positif
Warta Kota/Banu Adikara
Samuel Watulingas dan Yuni, pemilik Panti Asuhan The Samuels House di Gading Serpong, Tangerang 

WARTA KOTA, PALMERAH— Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Heru Pranoto, menjelaskan pihaknya menunggu hasil visum  beberapa anak panti The Samuel's Home, Tangerang, yang  akan keluar Jumat (28/2/2014) dari RS Polri Sukanto, Kramat jJati, Jakarta Timur.

Dari hasil visum itu, kata Heru, pihaknya akan bisa menentukan terkait peningkatan status dari pemilik panti asuhan yakni Chemy Watulingas (50) alias Samuel. Selain itu, visum juga digunakan untuk mengonstruksi pasal yang akan digunakan polisi untuk menjerat terlapor yakni pemilk Panti Asuhan tersebut.

"Berdasarkan hasil visum akan diketahui tentang konstruksi pasal yang sebenarnya untuk dikenakan ke terlapor. Juga apakah harus ditetapkan untuk tersangka kemudian," paparnya. Bahkan, jika memang terbukti ada kekerasan fisik, psikis dan kekerasan seksual secara langsung dari hasil visum itu, menurut Heru, pihaknya akan langsung menindak tegas dengan melakukan penahanan atau minimal pencekalan.

"Jadi salah satu alat bukti atas dugaan kekerasan memang harus ada visum dengan mengacu pada UU dan KUHP," katanya. Ia menjelaskan pihaknya memang memiliki alat bukti lain yakni keterangan korban, saksi lain serta dokumen foto dan pemeriksaan dokter klinik. Namun hasil visum, katanya, menjadi semakin menguatkan dugaan dan temuan awal mengenai kekerasan atau penganiayaan yang dilakukan pemilik panti atas anak-anak itu.

Menurut Heru, saat ini dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan temuan barang bukti di lokasi kejadian serta keterangan saksi dan korban, pemilik panti diduga telah melakukan pelanggaran  Pasal 80 dan Pasal 77 dalam Undang-Undang (UU) No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Pasal 80 mengenai dugaan  penganiayaan dan kekerasan atas anak serta Pasal 70 mengatur mengenai dugaan penelantaran terhadap anak. 

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved