• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Wartakota
Home » Warta

Anggito Abimanyu Bantah Lakukan Plagiat Karya Tulis

Senin, 17 Februari 2014 08:11 WIB
Anggito Abimanyu Bantah Lakukan Plagiat Karya Tulis
Antaranews.com
Anggito Abimanyu 

WARTA KOTA, PALMERAH— Kabar kurang sedap kembali menimpa dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi tanah air. Anggito Abimanyu, Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) yang dikenal luas di masyarakat ini, dituduh melakukan plagiat alias menjiplak karya tulis/opini orang lain.

Seorang penulis di Kompasiana yang menamakan dirinya "Penulis UGM" menulis tuduhan itu dengan judul "Anggito Abimanyu Menjiplak Artikel Orang? (OPINI-nya di KOMPAS 10 Feb 2014)".

http://hukum.kompasiana.com/2014/02/15/anggito-abimanyu-menjiplak-artikel-orang-opini-nya-di-kompas-10-feb-2014-635298.html

Tuduhan menjiplak tulisan orang lain itu terkait opini berjudul "Gagasan Asuransi Bencana" yang ditulis Anggito di harian Kompas, Senin, 10 Februari lalu. Anggito dinilai menjiplak karya Hatbonar Sinaga berjudul "Menggagas Asuransi Bencana" yang dimuat di Kompas, 21 Juli 2006.

Si penulis dalam laman Kompasiana membeberkan beberapa link tulisan yang nyaris sama persis.

Tulisan ini kemudian mendapat reaksi dan komentar di dunia maya apalagi karena tulisan ini juga ada yang di-share di blackberry messenger system (BBM).

Anggito yang dikonfirmasi melalui pesan singkat SMS, Minggu (16/2/2014), malam, membantah dirinya melakukan plagiat. Dia menyebut ada semacam kesalahan pengiriman file dalam tulisannya dan itu adalah fatal.

"Tidak ada plagiat, itu salah kirim file tetapi fatal," kata Anggito, yang saat ini menjabat Direktur Jenderal Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Anggito tampaknya serius menyikapi persoalan itu. Oleh karena itu, hari ini Senin (17/2/2014), Anggito secara khusus datang ke UGM untuk memberikan penjelasan ke para civitas akademika UGM mengklarifikasi tuduhan plagiat itu. "Saya konsultasi dan klarifikasi ke UGM," katanya.

Penulis: Hasanuddin Aco
Editor: Suprapto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
189718 articles 35 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Privacy Policy
Atas