• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Wartakota

Terminal Terpadu Manggarai Diharapkan Bisa Atasi Kemacetan

Senin, 10 Februari 2014 19:50 WIB
Terminal Terpadu Manggarai Diharapkan Bisa Atasi Kemacetan
warta kota/dwi rizki
Terminal terpadu Manggarai, Jakarta Selatan dalam tahap penyelesaian dan siap dioperasikan.

WARTA KOTA, MANGGARAI - Pembangunan ulang Terminal Manggarai kini sudah mencapai sekitar 90 persen rampung. Perubahan konsep pada terminal percontohan dalam kota itu diperkirakan dapat memecah kepadatan lalulintas.

Karena lewat konsep mezazine, terminal terintegrasi dengan antar moda transportasi dan pusat perbelanjaan sekitar area terminal.

Pengamat Perkotaan, Nirwono Joga mengatakan kalau Mezazine concept yang diterapkan pada Terminal Manggarai tersebut diperkirakannya dapat mengurangi dampak kemacetan lalulintas akibat perpindahan penumpang antar moda lainnya.

Karena pada Terminal baru tersebut, gedung utama terminal terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti Transjakarta dan Commuter Line.

"Dampak pembangunannya sangat baik, karena baik terminal, halte Transjakarta dan stasiun menyatu terhubung melalui jembatan penyeberangan orang," jelasnya ditemui Warta Kota di Terminal Manggarai, Senin (10/02/2014).

Selain mengurangi faktor kemacetan, mezazine concept juga mengatur arus penumpang dalam area terminal, sehingga masalah yang sebelumnya umum terjadi, seperti adanya pangkalan liar, tidak teraturnya arus keluar-masuk angkutan umum dan tidak terdatanya armada secara langsung dapat teratasi.

"Bisa dilihat dari bentuk bangunan dan lintasan penumpang, akses masuk melewati tiga eskalator kemudian terpusat pada lantai dua gedung untuk berpindah ke moda transportasi lainnya. Akses keluar juga begitu, semua tangga terhubung ke pedestarian," jelasnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Adi Kurniawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
188805 articles 35 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Privacy Policy
Atas