Pemilu 2014

Pemilih Partai Demokrat Tinggal 5 Persen

Penurunan elektabilitas Partai Demokrat pada Pilpres 2014 kembali terjadi dalam survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Pemilih Partai Demokrat Tinggal 5 Persen
Kompas.com
Ilustrasi hasil survei. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU— Penurunan elektabilitas Partai Demokrat pada Pemilu 2014 kembali terjadi dalam survei  Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Penurunan dukungan partai berlambang bintang mercedez itu kini kian merosot hingga terpantau berada di bawah angka lima persen.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfaraby, mengatakan, hasil survey yang dilakukan pihaknya dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan sebanyak 1.200 responden di seluruh provinsi Indonesia selama sepuluh hari, terhitung mulai dari tanggal 6 sampai dengan 16 Januari 2014 lalu menunjukan kalau dukungan masyarakat terhadap Partai Demokrat hanya menyentuh angka 4,7 persen. Jumlah tersebut jauh menurun dibandingkan dengan Pemilu pada dekade sebelumnya, yakni sebesar 7,45 persen pada tahun 2004 silam.

"Kami melengkapi survei dengan penelitian kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan wawancara mendalam. Penurunan dukungan Partai Demokrat ini diperkirakan turun seiring dengan tidak dicalonkannya lagi bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono-red) pada Pilpres 2014 mendatang. Karena jika melihat survei pada Pemilu 2009, dimana SBY dicalonkan kembali sebagai Presiden, Partai Demokrat berhasil menang dalam satu putaran dengan perolehan angka sebesar 20,85 persen suara," jelasnya kepada Wartakotalive.com pada Senin, (03/02/2014).

Selain itu, faktor turun drastisnya pamor Partai Demokrat berdasarkan wawancara masyarakat diketahui kalau penyebab merosotnya kepercayaan publik kepada Partai Demokrat adalah kasus korupsi yang melibatkan beberapa nama mantan petinggi partai, seperti Anjelina Sondakh, Andi Malarangeng, Anas Urbaningrum dan lainnya.

Tidak hanya pada Partai Demokrat semata, pada survei tersebut juga ditemukan turunnya elektabilitas capres konvensi, seperti Dahlan Iskan yang hanya memperoleh dukungan sebesar 2,5 persen, Pramono Edhi Wibowo sebesar 2,1 persen, Marzuki Ali sebesar 2 persen dan lainnya

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help