Hari Raya Imlek

Pedagang Ikan Bandeng Mulai Marak di Rawabelong Jakarta Barat

Pedagang ikan bandeng di sekitar kawasan Rawabelong, Kebonjeruk, Jakarta Barat, mulai marak.

Pedagang Ikan Bandeng Mulai Marak di Rawabelong Jakarta Barat
Wartakotalive.com/Suprapto
Perdagangan ikan bandeng mulai marak di sekitar Rawabelong, Jakarta Barat, Senin (27/1/2014). Menjelang Imlek, kawasan ini selalu menjadi sentra perdagangan ikan bandeng. 

WARTA KOTA, RAWABELONG-- Pedagang ikan bandeng di sekitar kawasan Rawabelong, Kebonjeruk, Jakarta Barat, mulai marak. Belasan pedagang membuka lapak di kawasan yang selama ini dikenal sebagai sentra perdagangan kembang di Jakarta tersebut, Senin (27/1/2014).

Pengamatan Wartakotalive.com, para pedagang itu membuka lapak di atas trotoar Jalan Rawabelong dan di Jalan Sulaeman, Jakarta Barat. Sebagian besar pedagang adalah laki-laki. Mereka menggelar ikan bandeng di atas lapak yang dialasi daun pisang.

Salah seorang pedagang, Ahmat, mengatakan, penjualan ikan bandeng di kawasan Rawabelong selalu ada menjelang pergantian tahun baru China atau biasa disebut sebagai Hari Raya Imlek."Ini sih udah setiap tahun baru China pasti kita jualan di sini. Pembelinya juga banyak dan udah pada tahu," ujarnya.

Pembeli ikan bandeng di Rawabelong tidak hanya dari etnis Tionghoa yang akan merayakan Imlek. Warga dari etnis Betawi pun banyak yang belanja ikan bandeng. Ada satu budaya atau kebiasaan di kalangan masyarakat Betawi yaitu mengantarkan makanan dengan sajian utama ikan bandeng kepada orangtua atau orang yang lebih tua.

Pengamatan Wartakotalive.com, pedagang bandeng mulai memasarkan dagangan mereka di kawasan itu sejak akhir pekan lalu. Biasanya mereka berjualan hingga tahun baru Imlek yang jatuh Jumat (31/1/2014).

Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help