Hari Raya Imlek

Gawat, Harga Ikan Bandeng Rp 90.000/kg

Momen pergantian Imlek selalu dimanfaatkan pedagang ikan bandeng untuk mengeruk keuntungan dengan menaikkan harga ikan.

Gawat, Harga Ikan Bandeng Rp 90.000/kg
Wartakotalive.com/Suprapto
Perdagangan ikan bandeng mulai marak di sekitar Rawabelong, Jakarta Barat, Senin (27/1/2014). Menjelang Imlek, kawasan ini selalu menjadi sentra perdagangan ikan bandeng. 

WARTA KOTA, RAWABELONG-- Momen pergantian tahun baru China selalu dimanfaatkan pedagang ikan bandeng untuk mengeruk keuntungan. Mereka pun menaikkan harga ikan badeng berlipat-lipat.

Pengamatan Wartakotalive.com Senin (27/1/2014), pedagang ikan bandeng di kawasan Rawabelong, Kebonjeruk, Jakarta Barat, menjual ikan air payau itu seharga Rp 90.000/kg. Harga ini berarti naik sekitar tiga kali lipat jika dibandingkan harga ikan bandeng di sejumlah pasar tradisional di Jakarta sekitar Rp 34.000/kg.

"Dari sononya udah mahal. Ini kan ikan bandeng jumbo," ujar seorang pedagang di Rawabelong, Jakarta Barat. Pedagang di sini menjual ikan bandeng yang beratnya di atas 1 kg per ekor. Dengan demikian, 1 ekor ikan bandeng harganya rata-rata di atas Rp 100.000.

"Ini satu kilo tiga ons. Dah, dikasih murah bayar Rp 100.000. Biasanya Rp 120.000," ujar pedagang lainnya kepada Wartakotalive.com.

Sebelu,nya diberitakan, pedagang ikan bandeng di sekitar kawasan Rawabelong, Kebonjeruk, Jakarta Barat, mulai marak. Belasan pedagang membuka lapak di kawasan yang selama ini dikenal sebagai sentra perdagangan kembang di Jakarta tersebut, Senin (27/1/2014).

Pengamatan Wartakotalive.com, para pedagang itu membuka lapak di atas trotoar Jalan Rawabelong dan di Jalan Sulaeman, Jakarta Barat. Sebagian besar pedagang adalah laki-laki. Mereka menggelar ikan bandeng di atas lapak yang dialasi daun pisang.

Salah seorang pedagang, Ahmat, mengatakan, penjualan ikan bandeng di kawasan Rawabelong selalu ada menjelang pergantian tahun baru China atau biasa disebut sebagai Hari Raya Imlek."Ini sih udah setiap tahun baru China pasti kita jualan di sini. Pembelinya juga banyak dan udah pada tahu," ujarnya.

Pembeli ikan bandeng di Rawabelong tidak hanya dari etnis Tionghoa yang akan merayakan Imlek. Warga dari etnis Betawi pun banyak yang belanja ikan bandeng. Ada satu budaya atau kebiasaan di kalangan masyarakat Betawi yaitu mengantarkan makanan dengan sajian utama ikan bandeng kepada orangtua atau orang yang lebih tua.

Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved