Hari Raya Imlek

Bandeng Jumbo di Rawabelong Bukan Dari Jakarta

Bandeng jumbo yang dipasarkan di kawasan Rawabelong, Jakarta Barat, bukan berasal dari Jakarta.

Bandeng Jumbo di Rawabelong Bukan Dari Jakarta
Wartakotalive.com/Suprapto
Perdagangan ikan bandeng mulai marak di sekitar Rawabelong, Jakarta Barat, Senin (27/1/2014). Menjelang Imlek, kawasan ini selalu menjadi sentra perdagangan ikan bandeng. 

WARTA KOTA, RAWABELONG-- Bandeng jumbo yang dipasarkan di kawasan Rawabelong, Jakarta Barat, bukan berasal dari Jakarta. Ikan-ikan tersebut sebagian besar dari luar kota.

Sejumlah pedagang, Senin (27/1/2014), mengatakan,sulit mencari bandeng ukuran besar kalau hanya mengandalkan pasokan dari Jakarta saja. Karena itu, mereka mencari bandeng dari sejumlah kawasan tambak, seperti di Kalipasir, Tangerang; Indramayu, Jawa Barat; dan Cilacap, Jawa Tengah.

"Ini bandeng dari Kalipasir, Tangerang. Kita ambil dari tetangga kita aja. Ada juga yang beli bandeng dari Indramayu atau Cilacap," ujar Ahmad, pedagang bandeng di Jalan Sulaeman, Rawabelong, Jakarta Barat.

Dia mengatakan, bandeng-bandeng yang dijual menjelang pergantian tahun baru China atau biasa disebut Hari Raya Imlek pada umumnya berukuran besar. Satu ekor bandeng selalu di atas 1 kg. Karena itu, untuk memeliharannya membutuhkan waktu lama dan penanganan secara khusus.

Seperti diberitakan sebelumnya, pedagang ikan bandeng di sekitar kawasan Rawabelong, Kebonjeruk, Jakarta Barat, mulai marak. Belasan pedagang membuka lapak di kawasan yang selama ini dikenal sebagai sentra perdagangan kembang di Jakarta tersebut, Senin (27/1/2014).

Pengamatan Wartakotalive.com, para pedagang itu membuka lapak di atas trotoar Jalan Rawabelong dan di Jalan Sulaeman, Jakarta Barat. Sebagian besar pedagang adalah laki-laki. Mereka menggelar ikan bandeng di atas lapak yang dialasi daun pisang.

Penjualan ikan bandeng di kawasan Rawabelong selalu ada menjelang pergantian tahun baru China atau biasa disebut sebagai Hari Raya Imlek. Harga ikan bandeng kini melejit menjadi Rp 90.000/kg.

Pembeli ikan bandeng di Rawabelong tidak hanya dari etnis Tionghoa yang akan merayakan Imlek. Warga dari etnis Betawi pun banyak yang belanja ikan bandeng. Ada satu budaya atau kebiasaan di kalangan masyarakat Betawi yaitu mengantarkan makanan dengan sajian utama ikan bandeng kepada orangtua atau orang yang lebih tua.

Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help