Senin, 22 Desember 2014
Wartakota

BPJS Bekasi Gandeng 29 Rumah Sakit

Kamis, 2 Januari 2014 16:51 WIB
BPJS Bekasi Gandeng 29 Rumah Sakit
setkab.go.id
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

WARTA KOTA, BEKASI - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bekasi menggandeng 11 Rumah Sakit di wilayah Kota Bekasi dan 18 Rumah Sakit di wilayah Kabupaten Bekasi.

Hal itu untuk melaksanakan program jaminan kesehatan. Sementara Wali kota Bekasi, Rahmat Effendi menegaskan bahwa program Kartu Bekasi Sehat (KBS) akan terus dijalankan.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bekasi, Agus Soearli, mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada calon peserta BPJS baik dari kelompok perusahaan, maupun organisasi sosial keagamaan, juga kepada pemberi layanan BPJS seperti pengelola klinik dan rumah sakit. “Kami sosialisasikan tentang hak dan kewajiban mereka,” tuturnya.

Agus menyebutkan, peserta BPJS yang ada saat ini berasal dari empat kelompok asal, yaitu eks peserta Askes, eks peserta Jamkesmas, eks peserta Jamsostek, serta eks peserta Asabri.

“Pensiunan PNS dan TNI-Polri selama ini kan layanannya melalui Askes dan Asabri, tapi sekarang anggota aktif-nya juga masuk ke BPJS Kesehatan,” ujar Agus yang juga Kepala Cabang PT Askes Kota Bekasi.

Bagi peserta Jamsostek, kata Agus, juga akan dilayani oleh BPJS Ketenagakerjaan terkait keikutsertaan mereka pada program jaminan kecelakaan kerja, tunjangan hari tua dan tunjangan kematian.

“Kalau terkait ketiga hal itu, mereka mengurus ke BPJS Ketenagakerjaan, tapi kalau terkait kesehatan, urusannya ke BPJS Kesehatan,” terangnya.

Data yang dikumpulkan BPJS Cabang Bekasi menunjukkan bahwa di Kota Bekasi jumlah peserta Askes mencapai 137.969 orang, peserta Jamkesmas sebanyak 383.473 orang, peserta Jamsostek 143.561 orang dan pensiunan TNI-Polri 14.422 orang.

Di Kabupaten Bekasi, jumlah peserta Askes 59.922 orang, peserta Jamkesmas 550.494 orang, peserta Jamsotek 201.864 orang, dan TNI-Polri 10.858 orang.

Agus menyatakan, BPJS Kesehatan Cabang Bekasi telah mengikat kerjasama dengan 37 klinik, 31 Puskesmas, dan 11 rumah sakit di Kota Bekasi yang akan melayani peserta BPJS. Sementara di Kabupaten Bekasi, BPJS akan merangkul 38 klinik, 39 Puskesmas, dan 18 rumah sakit.

Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Lucky Oktaviano

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas