Tangerang-Pulogadung Kini Dilayani Bus APTB

Pemprov DKI bekerja sama dengan PT Mayasari Bakti meluncurkan bus APTB-13 (Pulogadung-Poris Plawad Tangerang), Jumat (27/12/2013).

Tangerang-Pulogadung Kini Dilayani Bus APTB
Warta Kota/Feryanto Hadi
APTB-13 Tangerang-Pulogadung 

WARTA KOTA, SLIPI - Pemprov DKI bekerja sama dengan PT Mayasari Bakti meluncurkan bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) -13 (Pulogadung-Poris Plawad Tangerang), Jumat (27/12/2013). Peluncuran dilakukan di Halte TransJakarta Slipi-Petamburan, Jakarta Pusat.

“Pemprov DKI Jakarta telah berkomitmen untuk menambah jumlah angkutan massal dengan layanan bagus Tidak hanya armada TransJakarta saja yang ditambah, tapi kami juga menggandeng operator swasta untuk mendukung cita-cita ini,” kata Udar Pristono Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kemarin.

APTB-13 ini sebelumnya adalah trayek bus patas AC 115 Tangerang – Pulogadung yang dioperasikan PT Mayasari Bakti. “Selain terintegrasi dengan jalur dan halte TransJakarta, seluruh armada APTB-13 juga baru. Selain dilengkapi dengan AC dengan kualitas bagus, bus ini juga bisa mengangkut 85 penumpang,” katanya.

Peluncuran APTB-13 menjadi trayek ke sebelas keberadaan APTB di Jakarta. Semenjak 2102 lalu, kata Pristono, sudah ada 11 trayek yang melayani berbagai macam rute.

Dengan penambahan trayek APTB ke-12 ini, imbuh Pristono, menambah total armada APTB yang melintas di sejumlah koridor bus way menjadi 123 unit.

Menurut Pristono, dalam pengoperasian bus APTB, para operator swasta tidak menambah trayek baru.

“Hanya mengubah trayek angkutan regular yang ada karena APTB adalah hasil transformasi dari angkutan regular yang melayani trayek tersebut dan sudah memiliki penumpang langganan, sehinga tidak ada dampak sosialnya.”

Idealnya, kata Pristono, di Jakarta ada 29 APTB. “Ke depan kami akan terus menjalin kerja sama dengan pihak swasta agar jumlah trayek terus bertambah. Kami juga terus mengimbau agar operator swasta memperbaiki kualitas layanan bus-bus mereka, salah satunya dengan mengubahnya menjadi APTB maupun BKTB,” katanya.

Rute APTB

APTB 01 (Bekasi - Pulogadung)
APTB 03 (Poris Plawad - Tomang)
APTB 04 (Ciputat - Kota)
APTB 05 (Cibinong - Grogol)
APTB 06 (Bogor - Rawamangun)
APTB 07 (Bekasi - Tanah Abang)
APTB 08 (Bekasi - Bundaran HI)
APTB 09 (Bogor - Blok M)
APTB 10 (Cileungsi - Blok M)
APTB 11 (Bogor - Tanah Abang)
APTB 12 (Bogor - Tj. Priok).

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved