Kuburan Romawi Kuno Bakal Dibuka untuk Umum

Jati diri warga yang meninggal nampak jelas seperti pada patung kuburan arsitek ini.

Kuburan Romawi Kuno Bakal Dibuka untuk Umum
Kompas.com

WARTA KOTA, ROMA - Pemakaman Romawi kuno yang ditemukan di bawah tempat parkir mobil Kota Vatikan 60 tahun lalu akan dibuka untuk umum pada awal 2014.

Wartawan BBC News di Roma, Italia, David Willey melaporkan Vatikan tengah melihat-lihat rincian situs yang akan bisa dilihat di Museum Vatikan kelak.

Para pengunjung bisa memasuki dunia orang mati pada zaman Romawi kuno melalui sebuah pintu baja kecil yang terletak di sebelah Sentral Telepon Vatikan.

Pekuburan ini berasal dari periode abad ke-1 Masehi, selama pemerintahan Kaisar Augustus, dan abad ke-4 Masehi, ketika Kaisar Konstantin beralih kepercayaan menjadi seorang Kristiani.

Konstantin membangun gereja pertama di tempat Basilika Santo Petrus sekarang berdiri. Santo Petrus sendiri yang adalah paus pertama, menurut tradisi dikuburkan di sekitar Basilika.

Jati diri warga yang meninggal nampak jelas seperti pada patung kuburan arsitek ini.

Beberapa kerangka memutih berbaring di kuburan terbuka yang berongga, namun sebagian besar yang dimakamkan di sini terlebih dulu dikremasi.

Tulang dan abu mereka ditempatkan di dalam guci terakota.

Namun terlihat jelas bahwa makam ini bukan area pekuburan Kristiani karena para arkeolog tidak menemukan adanya simbol-simbol kristen seperti salib, jangkar, atau merpati.

Pada masa itu, Kota Vatikan adalah area warga kelas menengah dan banyak dari mereka adalah mantan budak yang sudah dibebaskan. Para warga ini memilih untuk dimakamkan.

Halaman
12
Editor: Rendy Adrikni Sadikin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved