Asmirandah Datangi KPI

"Andah menanyakan, apa pemberitaan seperti itu (pindah dan perbedaan agama bisa disiarkan televisi)," kata Agatha.

Asmirandah Datangi KPI
VANDANI KENCANA PUTRI
Asmirandah Zantman (kiri) dan Jonas Rivanno Wattimena 

WARTA KOTA, JAKARTA - Bintang film dan sinetron Asmirandah Zantman (24) diam-diam mendatangi Kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Jalan Gajah Mada, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada 19 Desember 2013 siang.

Saat bertemu dengan perwakilan KPI, Andah --panggilan akrab Asmirandah Zantman-- ditemani Afdal Zikri, pengacaranya. Andah mengadukan ketidaknyamannya terkait pemberitaan di program infotainment.

Komisioner Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI, Agatha Lily, mengatakan KPI berdiskusi dengan Andah dan Afdal karena pemberitaan di beberapa media televisi membuat bintang film 'Liar' itu terganggu.

"Andah menanyakan, apa pemberitaan seperti itu (pindah dan perbedaan agama bisa disiarkan televisi)," kata Agatha saat dihubungi melalui telepon, Senin (23/12/2013) malam. Selain privasi, Andah menilai pemberitaan itu salah.

Agatha menambahkan satu hari setelah berdiskusi dengan Andah, KPI mengeluarkan surat edaran yang lalu dikirimkan ke lembaga penyiaran dan stasiun televisi. Isi surat edaran itu meminta agar lembaga penyiaran dan televisi menghentikan pemberitaan terkait SARA.

"Itu sensitif dan bisa menimbulkan konflik," kata Agatha. Jika melanggar isi surat edaran tersebut, lanjutnya, televisi dan lembaga penyiaran lain, bisa mendapatkan teguran hingga penghentian program sementara.

Sangsi juga bisa berupa pembatasan durasi. Jika akibat pemberitaan itu berefek sangat buruk bagi masyarakat dan menimbulkan persepsi negatif, KPI bisa menghentikan program tayangan di televisi dan lembaga penyiaran.

Penulis: Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Siswanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved