Ini Alasan Hakim Kabulkan Permohonan Asmirandah

Hakim Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, mengabulkan permohonan pembatalan nikah Asmirandah Zantman dengan Jonas Rivanno Watimena

Ini Alasan Hakim Kabulkan Permohonan Asmirandah
KOMPAS.COM/VANDANI KENCANA PUTRI
Asmirandah Zantman (kiri) dan Jonas Rivanno 

WARTA KOTA, DEPOK - Hakim Pengadilan Agama (PA) Depok, Jawa Barat, mengabulkan permohonan pembatalan nikah Asmirandah Zantman (24) dengan Jonas Rivanno Watimena (25), Rabu (18/12/2013). Sejumlah alasan dijelaskan hakim atas permohonan itu.

Dari tiga saksi yang memberikan keterangan dua pekan lalu, dan beberapa bukti tertulis, termasuk akta pernikahan, ketua majelis hakim Haeruman melihat, Andah --sapaan Asmirandah-- dan Vanno --sapaan Jonas Rivanno-- menikah secara Islam.

Pernikahan itu dilangsungkan di Masjid An Nur, Jalan Tanah Baru, Beji, yang tak jauh dari rumah Antonius Zantman, ayah Andah, pada 17 Oktober lalu. Akad nikah Andah dan Vanno itu tercatat di KUA Beji, Depok.

"Pemohon dan termohon adalah suami istri yang menikah resmi secara Islam," kata Haeruman. Beberapa hari setelah akad nikah digelar, Andah dan keluarganya merasa tertipu saat mengetahui Vanno tetap beragama semula.

"Pernikahan itu telah dinodai dengan kenyataan bahwa termohon (Vanno) tetap beragama seperti semula," ujar Haeruman. Jika salah satu pihak merasa tertipu atau dibohongi, lanjut Haeruman, bisa mendaftarkan pembatalan pernikahannya.

Permohonan pemohon (Andah), ucap Haeruman, mempunyai alasan hukum jelas. Oleh karena itu permohonan pembatalan pernikahan Andah bisa dikabulkan pengadilan. Dengan pembatalan itu, akta nikah atau duplikatnya tak punya kekuatan hukum

Penulis: Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved